9 December 2014

Manfaat Terumbu Karang Bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Terumbu Karang
Indonesia adalah salah satu negara dengan habitat terumbu karang terbaik didunia. Dengan garis pantai terpanjang keempat didunia yang mencapai 95 ribu Kilometer, membuat Indonesia memiliki areal terumbu karang yang sangat luas sekali. Selain itu, letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia beriklim tropis dan sangat baik untuk kehidupan terumbu karang.

Terumbu karang adalah hutan dilautan. Sebagaimana hutan rimba yang ada didarat, terumbu karang adalah habitat terpenting bagi seluruh kehidupan dilaut. Terumbu karang menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan, udang atau lobster, kepiting, kerang, serta makhluk hidup lainnya. Ikan-ikan biasanya bertelur diantara terumbu karang, selain itu mereka juga menggunakan karang untuk berlindung dan aktivitas mencari makan. Ya, terumbu karang telah menyediakan kebutuhan bagi banyak makhluk hidup di lautan. Baca: Kerusakan Terumbu Karang di Indonesia

Lantas apa manfaat terumbu karang bagi manusia?
Manfaat terumbu karang bagi manusia sangat banyak sekali. Disadari atu tidak, manusia sangat bergantung terhadap terumbu karang. Manusia adalah makhluk hidup yang sangat bergantung kepada makhluk hidup lainnya. Manusia membutuhkan tumbuh-tumbuhan dan hewan untuk membuat banyak keperluan, jadi manusia akan selalu mencari sumber daya dari makhluk hidup lainnya. Sebagai contoh, untuk bisa makan manusia harus membuat lauk. Nah, darimana lauk tersebut? tentu saja bukan dari batu ataupun pasir, lauk diambil dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. So, sangat simpel sekali.
Terumbu Karang Indonesia. Sumber: WWF Indonesia

Berikut beberapa 'manfaat terumbu karang' bagi kehidupan manusia:

Penahan Ombak
Terumbu karang adalah penahan ombak secara alami. Terumbu karang biasanya tumbuh beberapa meter dari garis pantai atau beberapa puluh meter setelah formasi lamun. Keberadaan terumbu karang menjadi barrier (pelindung) bibir pantai dari terjangan ombak. Perhatikan saja pantai-pantai yang terumbu karangnya masih baik, pasti ombak yang sampai dibibir pantai lebih kecil jika dibandingkan dengan ombak pada pantai yang 'plong' tidak ada terumbu karangnya.

Penyerap Racun
Bagaimana bisa terumbu karang menjadi penyerap racun?
Terumbu karang adalah ekosistem pantai yang sangat penting. Keberadaan terumbu karang adalah sebagai filter zat-zat tidak ramah lingkungan yang datang dari sungai. Semua sungai pastilah bermuara di laut, dan air sungai ini biasanya terkontaminasi berbagai zat dari limbah rumah tangga, pabrik, dan limbah pertanian. Zat-zat tersebut akan dinetralisisr oleh terumbu karang sebelum masuk ke laut lepas, namun dengan batas yang masih bisa dinetralisir oleh terumbu karang.  Tanpa adanya terumbu karang, maka laut akan terkontaminasi banyak zat tidak ramah lingkungan dan berdampak pada makhluk hidup lainnya. Jika dibiarkan maka manusia juga yang menanggung dampaknya. 

Obyek Wisata
Sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia adalah salah satu destinasi wisata bawah air tingkat dunia.
Apa yang menyebabkan turis-turis mancanegara rela datang dan menyelam di Indonesia?
Tentu saja keindahan terumbu karang dan berbagai simbion karang yang menakjubkan yaitu ikan-ikan dan makhluk hidup lainnya. Raja ampat, Derawan, dan Bunaken adalah beberapa lokasi wisata bawah air terindah yang ada di Indonesia, bahkan dunia. Tidak salah jika banyak orang bilang  'ada surga dibawah air'.

Nilai Estetik
Pada saat ini terumbu karang telah banyak dimanfaatkan karena memiliki nilai estetika yang sangat tinggi. Aquarium air asin yang menggunakan terumbu karang sebagai obyek utamanya kini merajai pasaran aquarium di dalam maupun diluar negeri. Indonesia menjadi salah satu negara terbesar pengekspor terumbu karang dan ikan laut hias. Perlu digaris bawahi bahwa pemanfaatan seperti ini harus memperhatikan etika lingkugan dan kelangsungan terumbu karang itu sendiri. Bukannya apa-apa, asal sobat tahu saja bahwa pertumbuhan karang sangat lambat sekali. Setahun hanya tumbuh beberapa Cm saja, itupun jenis karang bercabang. Untuk jenis masiv seperti karang otak membutuhkan waktu paling sedikit 10 tahun. Bahkan untuk mencapai ukuran 3 meter minimal dibutukan waktu 50 hingga 100 tahun. Bisa sobat bayangkan jika kita bertindak semena-mena?
Yang direstui diperjual-belikan adalah terumbu karang dari hasil budidaya...

Beberapa manfaat terumbu karang diatas adalah sedikit dari manfaat yang sering dilupakan oleh kita semua. Tentu saja masih sangat banyak sekali manfaat dari terumbu karang bagi kehidupan manusia dan ekosistem laut secara nyata. Terumbu karang adalah hutan lautan, tempat bernaungnya ribuan jenis ikan. Sebuah ekositem bermanfaat yang telah dititipkan oleh tuhan semesta alam.

2 komentar:

  1. Begitu banyaknya manfaat terumbu karang bagi kehidupan kita. Apalagi Biota Laut Dan Terumbu Karang ada saling ketergantungan.

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved