31 March 2014

Rambut: Proses evolusi yang diperdebatkan

Jika kita bertanya, darimana asal mula rambut?
Maka hingga detik ini tidak ada orang yang bisa menjawabnya dengan pasti.


Rambut merupakan struktur kompleks yang terdiri dari beberapa bagian dasar, termasuk poros, akar, dan folikel. Kita harus tahu bahwa semua hewan menyusui (mamalia) memiliki rambut, termasuk babi, gajah, kuda nil, badak, bahkan paus, dan lumba-lumba memiliki rambut pendek yang sangat halus pada bagian tertentu.

Lantas darimana rambut berasal? 
Rambut secara luas diyakini telah berevolusi dari sisik, namun tidak ada struktur transisi antara rambut dan struktur kulit. Diyakini bahwa rambut berevolusi untuk membantu mempertahankan panas tubuh, karena rambut merupakan isolator panas yang sangat baik. Kebanyakan primata di Afrika memiliki rambut tebal. 

Ketahanan terhadap komposisi kimia membuat bahan rambut kutikula dan keratin tetap terjaga. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa rambut sangat penting dalam dunia forensik. Fitur struktural rambut dapat tetap utuh selama ribuan tahun. Rambut mamalia bahkan telah ditemukan sempurna diawetkan dalam amber. Seringkali, beberapa helai rambut ditemukan dalam damar,  lubang tar, dan es.
Fosil rambut gajah purba (Mammout)
Sumber: http://commons.wikimedia.org/
Para ilmuwan belum bisa menentukan kapan rambut mulai berevolusi. Kita hanya tahu bahwa rambut diperoleh dari temuan fosil. Studi mamalia rambut tidak menemukan bukti evolusi rambut. Rambut kuno yang ditemukan ternyata sangat identik dengan rambut modern. 

Para ilmuwan percaya bahwa rambut mamalia berevolusi hanya sekali dan bukanlah produk evolusi dari bulu atau struktur lain. Sampai saat ini para ilmuan belum memiliki bukti asal filogenetik rambut. Sampai saat ini asal filogenetik rambut masih bersifat spekulatif.

Rambut muncul dalam catatan fosil sebagai struktur yang telah kompleks. Masalah yang muncul seperti  alasan bagaimana hilangnya rambut pada beberapa bagian tubuh manusia seperti bibir, organ genital, telapak tangan dan kaki dalam evolusi belum terjawab. Hingga saat ini ilmuan terus melakukan kajian mengenai evolusi rambut.

Mungkin dengan berkembangnya teknologi kimia dan genetika rambut, suatu hari kelak akan kita ketahui asal muasal rambut yang melekat pada tubuh kita


Berikut sajian foto mikroskopik yang luar biasa dari rambut:
Struktur permukaan rambut
Potongan horizontal rambut
Ikatan rambut


 Sumber Rujukan:
 Jerry Bergman , Ph.D. Why Mammal Body Hair Is an Evolutionary Enigma.




0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved