17 November 2014

10 Universitas Terbaik Dunia (Biologi)

Universitas Terbaik di Dunia
Ilmu Biologi pada saat ini sudah sangat maju dan berkembang. Negara-negara maju selalu melakukan riset-riset besar biologi untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti pangan, penyakit atau kesehatan, serta lingkungan.

Negara-negara besar didunia juga berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui Universitas yang ada. Sebagai basis sains, universitas biologi di seluruh dunia selalu melakukan pembenahan untuk mencapai kemajuan. Namun, jika kita lihat hingga saat ini sebagian besar Universitas terbaik diduna masih didominasi oleh Universitas-universitas yang ada di di negara maju Amerika Serikat dan Inggris. Amerika dan Inggris notabennya memprioritaskan sains (biologi) untuk kemajuan bangsanya. Sains menjadi tumpuan kemajuan sebuah negara, oleh sebab itulah kemajuan sains adalah kemajuan sebuah bangsa.
Hardvard Sciene Center. Sumber:harvard.edu

Berikut ini adalah top ranking Universitas terbaik dunia:
  1. California Institute of Technology (Caltech)
    California Institute of Technology atau Institut Teknologi California adalah salah satu Universitas terbaik dunia dalam hal sains. Universitas swasta yang sudah ada sejak tahun 1891 ini sangat terkenal sebagai universitas yang selalu melakukan riset besar untuk NASA. Institut Teknologi California terletak di Passadena, California, AS.
  2. University of California, (UCSD)
    Universitas terbaik selanjutnya ini juga sangat terkenal dalam hal risetnya. Universitas California didirikan pada tahun 1960 di San Diego, Amerika Serikat, sehingga disebut dengan University of California San Diego (UCSD). Sebagai salah satu Universitas terbaik dunia, Universitas California UCSD selalu mendapatkan banyak penghargaan top university dan risetnya.
  3. University of California, (UCLA)
    Universitas selanjutnya merupakan Universitas ke-2 yang didirikan oleh University of California. Universitas California ini didirikan pada tahun 1919 di Los Angeles, AS, sehingga disebut dengan University of California, Los Angeles (UCLA). Universitas ini menjadi salah satu Universitas terbaik dalam urusan riset. Pada tahun 2014, UCLA memiliki lebih dari 43 ribu mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu.
  4. Yale University
    Yale University menjadi salah satu dari Universitas swasta terbaik di Dunia. Universitas ini terletak di New Haven, AS dan beruumur 313 tahun, sehingga memiliki sejarah yang sangat panjang. Yale University memiliki motto lux et veritas yang artinya cahaya dan kebenaran.
  5. University of California, Berkeley (UCB) 
    Siapa yang tidak mengenal Universitas yang satu ini? banyak lulusan Indonesia dari Universitas Berkeley yang menjadi menteri pada era orde baru dahulu. Pada awal abad 19, Universitas ini menjadi salah satu kiblat riset sains. Universitas yang didirikan pada tahun 1868 ini menjadi salah satu universitas yang banyak memberikan kemanfaatan bagi umat manusia.
  6. University of Oxford
    Universitas Oxford adalah Universitas tertua di Negara Inggris. Kapan Universitas ini berdiri?
    Para ahli sejarah tidak bisa memastikan kapan Universitas tua ini mulai didirikan. Namun diperkirakan Universitas Oxford telah ada sejak abad tahun 1100-an, atau hampir 9 abad yang lalu. Didalam sejarah, Universitas ini telah menghasilkan alumni lebih dari 50 peraih Nobel. Untuk kualitasnya, Universitas ini tidak perlu diragukan lagi. Didalam peringkat umum dunia, Oxford selalu bersaing ketat dengan Universitas bergengsi dari Amerika, Harvard University.
  7. Stanford University
    Universitas Stanford adalah salah satu Universitas terbaik dari Amerika Serikat lainnya. Dalam hal riset biologi, Stanford berada di salah satu gerbong paling depan. Pada tahun 2010 Universitas Stanford sempat berada di peringkat 3 dunia dalam hal riset dan penelitian. Stanford didirikan pada tahun 1819, di Stanford, California, Amerika Serikat.
  8. University of Cambridge
    Universitas Cambridge menjadi Universitas tertua kedua di negara 3 singa setelah Universitas Oxford. Seperti halnya Universitas Oxford, catatan awal mengenai Cambridge tidak diketahui. Para ahli sejarah memperkirakan bahwa Cambridge merupakan pecahan dari Oxford. Cambridge didirikan pada awal abad 12 oleh orang-orang yang kabur dari Oxford karena berselisih paham dengan penduduk di Oxford. 
  9. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
    Massachusetts Institute of Technology (MIT) atau Institut Teknologi Massachusetts menjadi salah satu Universitas Swasta top dunia dalam hal riset. MIT didirikan pada tahun 1861 di Massachusetts, AS. Sebagai Instititut Teknologi, MIT mengedepankan riset terdepan, berkualitas, dan bermanfaat bagi dunia. Sejalan dengan pemerintah AS, MIT berkolaborasi dengan departemen seperti Energi, Pertahanan, dan Kesehatan AS untuk sejumlah besar riset. Tidak mengherankan, dana ratusan juta dollar yang dikeluarkan pemerintah AS tidak sia-sia. Dengan mempekerjakan lebih dari 1000 peneliti, pada tahun 2011 MIT menghasilkan lebih dari 600 penemuan dan 300 hak paten. 
  10. Harvard University
    Inilah Universitas Terbaik dalam urusan riset. Universitas Hardvard adalah Universitas paling bergengsi, bukan hanya di Amerika, melainkan di dunia. Universitas yang memiliki motto simpel (veritas:kebenaran) ini didirikan pada tahun 1636 di Massachusetts, Amerika Serikat. Hardvard Biologi memiliki kerjasama dengan seribu laboratorium sains diseluruh dunia.
    Referensi
    : Guardian-QS 2004-2012

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved