18 April 2014

Gunung Betung Lampung

Gunung Betung (1.240 m dpl) adalah salah satu gunung yang yang paling dekat dengan Pusat Kota Bandar Lampung. Gunung Betung Betung sendiri termasuk kawasan yang status konservasinya dilindungi oleh negara dan masuk kedalam hutan register 19 Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman (TAHURA WAR). 

Kawasan Gunung Betung Mencakup beberapa wilayah yang secara administratif masuk kedalam Kotamadya Bandar Lampung dan Beberapa Kecamatan di Kabupaten Pesawaran seperti, Kecamatan Padang Cermin, Way Lima, Kedongdong dan Gedong Tataan.

Puncak Gunung Betung tampak berkabut. Foto: 2014/ Adi Irawan

Gunung betung adalah salah satu kawasan penting bagi seluruh komponen kehidupan, termasuk tumbuhan dan hewan yang bergantung dari kelestarian Gunung Betung. Sebagai kawasan konservasi, gunung betung menjadi tempat pelestarian flora dan fauna, seperti pelestarian rusa, kupu-kupu, dan beberapa tanaman khas Lampung. Digunung Betung juga masih dapat kita jumpai beberapa fauna seperti Siamang (Symphalangus syndactylus), Macan Akar (Felis bengalensis), Babi Butan (Sus scrofa), Simpai (Presbytis melalophos), Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis), Biawak (Varanus sp.), Beruang Madu (Helarctos malayanus) dan lain-lain, serta beberapa flora seperti Suweg (Amorphophallus paeoniifolius),  Medang (Litsea firmahoa), Rasamala (Antingia excelsa), Merawan (Hapea mengawan), dan berbagai jenis anggrek serta paku-pakuan dan rotan.

Flora Gunung Betung, Suweg (Amorphophallus paeoniifolius
Foto: Mariadi/ 2014
Fungsi penting lain dari Gunung Betung adalah sebagai daerah utama resapan air dan penyeimbang lingkungan. Tersedianya air bagi kota Bandar Lampung dan Pesawaran, mencegah banjir dan erosi merupakan fungsi ekologis Gunung Betung yang harus disadari masyarakat Kota Bandar Lampung dan Pesawaran. Selain itu Gunung Betung  memberi berkah bagi banyak masyarakat yang bertumpu pada hasil pertanian. Jika kita berkunjung ke daerah disekitar Gunung Betung, kita akan melihat banyak manyarakat yang menanam kakao, lada, kopi, sayur-sayuran, serta tanaman lainnya. Namun sebenarnya sangat disayangkan karena pemanfaatan lahan sudah sampai ke Taman Hutan Raya. Kalau kita lihat hutan yang masih alami hanya tinggal sedikit sekali, banyak yang telah berubah menjadi lahan produksi.

Bagi sebagian besar pecinta alam ataupun yang suka berkemah, Gunung Betung menjadi salah satu tempat favorit yang paling sering dikunjungi karena jaraknya yang sangat dekat dengan Kota Bandar Lampung. Gunung Betung menyajikan keindahan alam yang sangat menawan, indahnya pemandangan Kota Bandar Lampung dari Gunung Betung menjadi lukisan alam yang tidak akan terlupakan. Selain itu Gunung Betung menyimpan potensi yang sangat sangat banyak sekali seperti air terjun dan tebing-tebing yang menawan. 

Keindahan Puncak Gunung Betung. Foto: 2014/ Adi Irawan
Keindahan Gunung Betung harus tetap lestari. Gunung Betung menghadirkan berkah, nilai, dan manfaat yang tak terhingga. Semoga Gunung Betung akan berdiri tegak dan tetap hijau sampai anak cucu kita nanti tersenyum melihat serta memahami berkah dari Gunung Betung.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved