20 October 2014

'Lampu LED' Lampu Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Hemat Energi dan Ramah Lingkungan
Pada saat ini hampir semua unsur kehidupan selalu dikaitkan dengan lingkungan hidup. Elektronik, otomotif, peralatan rumah tangga, maupun perkakas lainnya dibuat agar seramah mungkin terhadap lingkungan. Selain ramah lingkungan, alat-alat yang menggunakan daya listrik dibuat agar hemat energi. Efesiensi daya listrik ini termasuk gerakan yang mendukung kelangsungan bumi kita.

Memang seiring dengan banyaknya hasil karya manusia telah ikut berperan dalam merusak lingkungan. Pemakaian energi listrik yang boros juga turut berperan didalamnya. Berbagai tindakan kecil seperti menghemat pemakaian energi listrik akan memperpanjang penggunaan energi.

Apa itu Lampu LED?
Apakah sobat tahu apa itu lampu LED? Jenis lampu apakah ini?
Kalau sobat perhatikan, diberbagai perlatan elektronik seperti kipas angin, strika, remote, televisi dan lain-lain terdapat lampu kecil 'ON' sebagai tanda menyalanya perlatan elektronik tersebut. Nah, lampu pada peralatan elektronik ini termasuk jenis lampu LED.

Pada saat ini lampu LED tidak hanya menghiasi alat-alat elektronik saja. Jenis lampu LED telah dikembangkan sebagai lampu penerangan. Dengan bohlam-bohlam kecil LED yang disatukan akan menghasilkan cahaya terang. Kalau sobat perhatikan hampir semua senter yang dijual dipasaran saat ini menggunakan lampu LED...
Baca Artikel dari BBC: 3 Ilmuan Penemu Lampu LED Mendapatkan Nobel Fisika

Keunggulan Lampu LED
  • Tahan Lama
    Lampu LED termasuk jenis lampu yang memiliki umur panjang. Menurut beberapa penelitian, lampu LED 10 kali lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lampu-lampu biasa. Struktur lampu LED juga tidak memakai filamen seperti pada lampu bohlam biasa, sehingga tidak rentan terhadap kerusakan. Selain itu bentuknya yang kompak dari lampu-lampu kecil membuatnya kuat dari benturan dan tidak mudah pecah. 
  • Efesien (Hemat)
    Lampu LED membutuhkan daya listrik yang kecil. Untuk menyalakan 30 unit lampu kecil hanya dibutuhkan paling banyak 17 watt energi listrik. Untuk itulah jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya masih jauh lebih unggul.
  • Tidak Panas
    Lampu LED tidak menghasilkan kalor yang besar seperti pada jenis lampu lainnya. Menurut sebuah penelitian, perbandingan panas yang dihasilkan lampu LED dengan lampu biasa adalah satu berbanding tiga. Pemakaian Lampu LED pada ruangan akan menghemat pemakaian AC. Selain itu perlu sobat ketahui bahwa lampu LED bebas dari merkuri. 
  • Murah
    Sebelumnya, lampu LED termasuk jenis lampu yang relatif mahal. Namun setelah dilakukan berbagai penelitian untuk mengefesiensikan lampu LED, kini menjadi sangat terjangkau. Coba sobat bandingkan harga senter atau lampu LED dipasaran. Bahkan untuk senter LED sangat murah sekali. Untuk produk LED berkualitas tinggi seperti bohlam LED brand terkenal P**lips memang masih terbilang mahal. 1 lampu harganya dalam kisaran $90. Namun hal ini diimbangi dengan kualitas yang sangat oke. Bahkan P**lips mengklain selain ramah lingkungan dan hemat energi hingga 85% produk lampu LED'nya mampu bertahan hingga 15 tahun, Wow..
    Coba sobat kunjungi situsnya secara langsung: P**lips Indonesia
  • Dapat digunakan didaerah terpencil
    LED adalah solusi penerangan didaerah terpencil. Didaerah pedalaman yang minim energi listrik, memakai lampu bohlam biasa adalah sebuah pemborosan. Dengan memanfaatkan panel surya dan lampu LED akan jauh lebih baik.
 
Jenis Lampu LED Dipasaran
Dipasaran ada berbagai jenis lampu LED. Untuk jenis lampu penerangan sebaiknya sobat cermat dalam memilih karena lampu LED ini terbilang produk baru. Dari tipe cahaya yang dihasilkan ada lampu LED dengan cahaya yang terpencar dan terkumpul. Ada yang berwarna putih sampai dengan merah. Warna putih adalah yang paling umum dan populer karena tidak menghasilkan refleksi dan silau. Sedangkan dari bentuk lampunya ada yang bulat, nyala lilin, tabung, cahaya acak, dan lain-lain.

Sebelum membeli lihat kecerahan dari lampu yang dihasilkan. Berbeda tipe biasanya berbeda dalam efesiensi daya listriknya. LED 9 watt biasanya setara dengan 45 watt lampu biasa. LED ada yang hemat hingga 80-90% daya listrik ada pula yang kurang dari itu. Selain itu ada jenis cahaya LED yang dingin dan hangat. Pemilihan merk juga sangat menentukan kualitas dari lampu LED.

Referensi: eartheasy

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved