14 October 2014

Mengenal Energi Panas Bumi di Indonesia

Energi panas bumi di Indonesia?
Apakah sobat sudah tahu apa itu panas bumi?
mungkin sobat pernah membacanya dalam sebuah warta..

Energi panas bumi adalah energi potensial yang tersimpan didalam perut bumi. Energi ini sangat potensial sekali untuk memenuhi kebutuhan energi listrik kita. Belakangan pemanfaatan mengenai energi panas bumi lebih gencar terdengar dibeberapa media, pembangunan pembangkit listrik pun dilakukan dibeberapa tempat di Indonesia.

So, lebih jelasnya?
Panas Bumi dikenal dengan nama geothermal energy. 'Geo' yang dalam bahasa yunani artinya adalah bumi dan 'therm' yang berarti panas atau kalor merujuk pada suatu sumber energi yang berasal dari bumi. Didalam perut bumi yang jaraknya ribuan kilometer terdapat inti panas yang mencairkan batuan menjadi magma. Nah, diatas lapisan mantel magma yang panas merupakan areal batuan dingin. Celah-celah pada batuan dingin tersebut menyebabkan air tanah dapat merembes masuk dan didihkan oleh magma. Karena kuatnya energi didih menyebabkan air panas naik kembali kepermukaan dan terbentuklah geysher atau sumber air panas yang menyembur. Pernahkan sobat mendengar beleduk kuwu??
Air yang tidak keluar dan menjadi uap panas bertekanan tinggi merupakan energi potensial untuk dimanfaatkan. Energi inilah yang kita kenal dengan nama Energi Panas Bumi (geothermal energy).

 
Lantas bagaimana cara memanfaatkan energi panas bumi ini?
Cara memanfaatkan energi panas bumi tentu saja dengan mengolahnya menjadi bentuk energi lainnya. Lazimnya, energi panas bumi ini dibor dan dilakukan sedemikian proses untuk menggerakkan generator listrik. Melalui pipa reservoir, uap kering dialirkan menuju areal pemutaran generator yang berbentuk seperti kipas. Nah kipas yang berputar ini terhubung pada kumparan dan menghasilkan medan listrik.
 
Apakah ramah lingkungan?
Banyak kalangan penggian lingkungan begitu mengapresiasi energi dari panas bumi ini. Mereka berpendapat bahwa energi panas bumi jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan pembangkit energi listrik yang menggunakan bahan bakar fosil. Bahkan pemanfaatan energi panas bumi ini tidak menghasilkan emisi karbon sama sekali. Namun dengan besarnya cadangan panas bumi di negara kita ternyata belum dimanfaatkan secara maksimal. Pada saat ini mayoritas pembangkit listrik energi di negara kita masih menggunakan bahan bakar batubara. Namun perlu di ingat, bahwa titik adanya uap panas tidak mengenal tempat. Beberapa diantara berada dalam kawasan hutan lindung. Seperti rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi di daerah Gunung Rajabasa, Kalianda Lampung yang menuai pro dan kontra. 

Panas Bumi Indonesia 
Alangkah beruntungnnya kita akan kekayaan bumi pertiwi ini. Apa yang tidak ada di Indonesia. Emas, Tembaga, Perak, Batuan Mulia, Batubara, Minyak, bahkan panas bumi pun sangat melimpah. Pada tahun 2012 yang lalu Gomumu berkesempatan mengunjungi salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi yang terdapat di Garut, Jawa Barat. Menurut pihak pertamina geothermal, Indonesia adalah salah satu negara terkaya akan panas bumi. Sampai saat ini saja sudah lebih dari 18 pembangkit listrik tenaga panas bumi dibangun dengan kapasitas yang bervariasi. Sedangkan masih ada puluhan titik potensial yang belum dieksplorasi. Wahhh... Indonesiaku memang benar-benar.....

Gomumu ambil dari website Pertamina Geothermal (klik): Potensi energi panas bumi di Indonesia mencakup 40% potensi panas bumi dunia, tersebar di 251 lokasi pada 26 propinsi dengan total potensi energi 27.140 MW atau setara 219 Milyar ekuivalen Barrel minyak. Namun pemanfaatan kapasitasnya baru 4% dari seluruh potensi yang ada. Wahh wah...
Sumur Panas Bumi di Pertamina Geothermal Energy Garut. Foto: Gomumu/ 2012
Teknologi Panas Bumi
Meskipun yang berkenaan dengan teknologi kita masih mengadopsi dari barat, namun secara umum tenaga ahlinya adalah putra-putri terbaik kita sendiri lohh. Inilah yang patut kita apresisi.... 
Saat berkunjung di Garut, Gomumu dijelaskan tentang teknologi pendukung seperti pipa reservoir, sumur bor, tower pendingin, serta K3 sebagai salah satu SOP pokok. Gomumu juga diajak berkeliling melihat beberapa sumur yang mengalirkan uap panas. Ternyata, teknik pengeboran panas bumi ini sangat berbeda dengan pengeboran minyak. Kalau tidak salah kedalaman sumur bor panas bumi ini hanya sekitar 1-3 km saja. Salah satu sumur bor yang gomumu kunjungi memiliki kedalaman hingga 1,7 km. Oleh karena itulah teknologi pengeboran panas bumi relatih lebih aman dan ramah lingkungan.

Semoga saja pihak terkait seperti pertamina dapat memaksimalkan potensi panas bumi yang sangat melimpah tersebut. Kita doakan juga agar Pertamina bisa konsisten serta mandiri, tanpa membawa kepentingan, apalagi kontrak-kontrak plus dengan investor asing yang akan merugikan bangsa sendiri.  Semoga panas bumi menjadi energi alternatif dimasa yang akan datang.  Salam Hijau @Gomumu.

Key: Panas bumi di indonesia, energi panas bumi indonesia, panas bumi indonesia.
Referensi: googleusercontent dan pge.pertamina

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved