2 October 2014

Bunga Rafflesia arnoldi Sumatera "Pesona Padma Raksasa dari Lampung"


Bunga Rafflesia arnoldi  Sumatera


Salah satu flora mempesona di Indonesia dan dunia adalah Padma Raksasa atau dalam bahasa ilmiah ia disebut dengan "Rafflesia arnoldi". Meskipun tumbuhan ini memiliki nama lokal si Padma Raksasa, namun nama ilmiahnya Rafflesia arnoldi ternyata jauh lebih familiar ditelinga masyarakat.

Secara umum masyarakat bahkan menyebutknya dengan "bunga bangai." Meskipun bunga bangkai sebenarnya adalah akronim dari nama tumbuhan Suweg atau Amorphopallus. Banyak orang beranggapan bahwa antara Rafflesia dengan Suweg adalah bekerabat. Namun ternyata keduanya sangatlah jauh berbeda. Untuk menjelaskan perbedaan keduanya, Gomumu membahas bunga bangkai (Amorphopallus) dan padma raksasa (Rafflesia arnoldi) pada tulisan lainnya, Bunga Bangkai Sumatera (Pesona Amophopallus dari Lampung). Silahkan membacanya untuk memahami perbedaan dan penggunaan istilah bunga bangkai tersebut.

Rafflesia arnoldi dikenal sebagai salah satu jenis tumbuhan yang menakjubkan. Bahkan nama Rafflesia arnoldi menjadi salah satu obyek penting didalam keanekaragaman flora dunia. Didalam ilmu pengetahuan, Rafflesia arnoldi menjadi bahan kajian dalam mempelajari tumbuh-tumbuhan pra-modern. Bahkan, masih adanya Rafflesia arnoldi di era milenium ini menjadi ispirasi dan gambaran tentang jenis-jenis tumbuhan purba yang mungkin sudah punah. Banyak film layar lebar berlatar zaman purbakala mengadaptasi Rafflesia arnoldi sebagai floranya? 

Rafflesia arnoldi adalah tumbuhan asli dari tanah Sumatera. Ia menghuni hutan-hutan sumatera yang tertutup dan sangat lebat. Tersembunyi dibalik lebatnya kanopi pohon dan liana. Pada saat penemuannya di tahun 1818, dunia ilmu pengetahuan pun dibuat tersentak. Mungkin ini adalah salah satu temuan fosil hidup peninggalan masa purba. Nama Rafflesia arnoldi didasarkan dari gabungan nama penemunya, yakni Dr. Joseph Arnold dan pemimpin ekspedisi Thomas Stamford Raffles. Kekayaan hutan Sumatera memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sumatera telah menjadi rumah dari banyak flora dan satwa langka.

Apakah Pembaca tahu, sebenarnya apa tumbuhan Rafflesia arnoldi itu?
Jenis Tumbuhan apakah yang berberabat dekat dengannya? Ada yang bisa menebaknya?


Rafflesia arnoldi sebenarnya adalah tumbuhan endoparasit yang tidak akan hidup tanpa keberadaan inang. Endoparasit adalah parasit yang keberadaanya didalam tubuh si inang. Lantas apa inang dari si Rafflesia arnoldi ini? Inang dari Rafflesia arnoldi adalah tumbuhan liana atau tumbuhan merambat tetrastigma. Tetrastigma adalah salah satu tumbuhan dari famili Vitaceae. Ternyata inang dari Rafflesia arnoldi ini masih berkerabat dengan tumbuhan anggur.

Usut punya usut Rafflesia arnoldi ternyata tidak memiliki batang, daun, dan akar. Lantas bagaimana ia bisa hidup? 
Rafflesia arnoldi memiliki haustorium, sejenis akar yang masuk kedalam tubuh si inang., sehingga kita tidak akan melihatnya kecuali saat ia berbunga.

Untuk kerabat dari Rafflesia arnoldi ini ternyata cukup banyak. Rafflesia memiliki 27 an spesies lain yang tersebar di hutan tropis Asia Tenggara.
Ada Rafflesia keithi, Rafflesia cantleyi, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasseltii dan lain-lain. Sedangkan kerabat lain dari Rafflesia adalah Sapria dan Rhyzanthes. Semuanya adalah tumbuhan parasit obligat berbunga dari famili Rafflesiaceae. Uniknya Rafflesiaceae ternyata belum dimasukkan kedalam bangsa manapun. 

Rafflesia arnoldi floranya Bengkulu
Rafflesia arnoldi dikenal sebagai tumbuhan endemik Pulau Sumatera. Secara umum Rafflesia arnoldi ternyata lebih banyak ditemukan di Provinsi Bengkulu. Oleh sebab itulah Bengkulu dikenal secara luas sebagai buminya Rafflesia arnoldi. Konservasi Rafflesia arnoldi juga dilakukan di provinsi ini. Selain itu, Rafflesia arnoldi secara khusus menjadi floranya masyarakat Bengkulu yang selalu dibanggakan.

Selain di Bengkulu ternyata pernah ada laporan mengenai temuan Rafflesia arnoldi yakni di Aceh dan Semenanjung Malaysia. Namun beberapa laporan tersebut masih diragukan karena mungkin dari spesies Rafflesia lainnya.

Sang Padma Raksasa dari Lampung 
Bagaimana dengan Lampung?
Wahh, selain di Bengkulu ternyata Rafflesia arnoldi ada di Bumi Ruwai Jurai. Bahkan Gomumu termasuk yang beruntung  bisa berjumpa secara langsung dengan Rafflesia arnoldi ini. Apalagi waktu Si Rafflesia sedang mekar-mekarnya. Sughoiii... ## :$

Rafflesia arnoldi yang Gomumu lihat ini berada di areal perbukitan Kabupaten Lampung Barat. Lebih tepatnya berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Provinsi Lampung. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan memang terletak di 2 Provinsi sekaligus, yakni di Provinsi Lampung dengan luas + 290 ribu hektar dan di Provinsi Bengkulu dengan luas + 66 ribu hektar. Ya, dengan kondisi topografi dan iklim yang sama, baik di Provinsi Lampung mapun di Provinsi Bengkulu membuat kemungkinan yang sama pula Si Rafflesia arnoldi tumbuh disini.

Pada akhir tahun 2012 Gomumu yang sedang melakukan ekspedisi herpetologi di TNBBS. Mendengar kabar angin bahwa beberapa Rafflesia arnoldidi disekitar areal camp Rhino Protection Unit (RPU) sedang mekar, kesempatan ini tidak akan Gomumu lewatkan. 

Singkat punya cerita....
Tepat disana berjajar 7 Rafflesia arnoldi yang sedang mekar, telah mekar, dan yang akan mekar, sebuah pemandangan yang menakjubkan. Ada 3 bunga yang telah mekar, namun 2 bunga diantaranya sudah mulai layu.  Mungkin sudah hampir 7 harian mereka mekar. Oh ya, perlu sobat ketahui bahwa sejak kuncup, mekar ,hingga meraka layu tidaklah lebih dari 1 minggu.
Arsip Gomumu Bersama dengan Rafflesia arnoldi di TNBBS 
Foto: Feni / 2012


Sang padma raksasa menunjukkan pesonanya. Siapa yang tidak terpesona saat melihat bunga langka nan menakjubkan ini?
Rasa puas yang sangat dalam seraya memaknai kekayaan bumi pertiwi pasti akan dilakukan oleh siapapun yang melihat padma raksasa. Momen dimana saat sang Padma Raksasa mekar dan menunjukkan pesonanya. Salam Hijau @ Gomumu.

Bahan Saduran: Wikipedia dan IUCN

LInk: Jendelamu

4 komentar:

  1. terimakasih informasinya, sangat membantu sekali

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Untuk judul tolong di koreksi, asal mula bunga tsb ditemukan adalah di kabupaten manna, provinsi Bengkulu selatan, jadi jangan memakai nama provinsi Lampung di judulnya. Terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved