9 April 2014

Indahnya Perkampungan Rawa Sudd di Sudan Selatan

Sudd adalah hamparan wilayah dataran rendah berawa di Sudan Selatan yang terbentuk disepanjang sungai Nil. Sudd merupakan salah satu lahan basah terbesar di dunia, dengan luas wilayah kurang lebih 130.000 km persegi atau seukuran dengan luas wilayah negara Inggris. Wilayah suud yang dangkal ditumbuhi papirus, rumput air, dan eceng gondok dan biasanya area ini menjadi sarang buaya nil. 
 
Sudd dapat dijelajahi dengan transportasi darat dan transportasi air, seperti dengan perahu-perahu kecil. Padatnya vegetasi alang-alang, rumput, enceng gondok, dan tanaman air lainnya, membentuk blok-blok vegetasi yang sangat rapat dan kadang memblokir daerah yang biasa dilewati perahu. Kadang-kadang tidak ada jalan bagi perahu karena lebatnya tumbuhan rawa. Selama berabad-abad sulitnya medan rawa ini telah mencegah penjelajah untuk menjelajahi rawa suud.


Beberapa wilayah suud yang dangkal dihuni oleh beberapa penduduk dengan membuat rumah yang sangat adaptatif terhadap perairan rawa. Rumah yang satu dengan rumah lainnya dipisahkan oleh genangan dan tumbuhan air, membuat suatu keunikan dan nilai estetika. Jika kita melihat pemandangan perkampungan di sudd ini dari ketinggian, kita akan melihat panorama yang sangat indah.

Desa Rawa Sudd di Jonglei, Sudan Selatan
Desa Rawa Sudd di Jonglei, Sudan Selatan

Sumber: amusingplanet.com


0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved