30 January 2015

Penyebab Penyakit Tumor

Penyebab Penyakit Tumor: Menurut kamus biologi (balai pustaka), penyakit tumor adalah sebuah penyakit dimana kondisi sel yang tumbuh secara tidak normal dan membentuk suatu jaringan. Gumpalan sel ini bisa membesar didalam suatu jaringan dan tampak sebagai benjolan apabila letaknya pada jaringan yang dekat permukaan. Secara sederhana, tumor dapat dimaknai dengan kondisi dimana sel-sel yang tumbuh tidak normal dan membentuk jaringan baru.

Penyakit tumor adalah penyakit yang disebabkan oleh banyak hal. Beberapa penyebab tumor berikut ini adalah benyebab tumor yang paling umum. Beberapa penyebab mungkin sering kita dapati atau kita lakukan, bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan.

Kondisi Sosial
Apa hubungan kondisi sosial dengan penyakit tumor?
Disadari ataupun tidak, kondisi sosial masyarakat sangat berpengaruh terhadap penyakit tumor. Faktor-faktor turunan (spesifik) dibawah ini adalah faktor-faktor turunan dari kondisi sosial yang kurang baik sehinggga menghasilkan pola hidup dan perilaku yang buruk. Semuanya didorong dari faktor sosial.

Pola Hidup (Kesehatan)
Pola hidup menjadi biang keladi utama dari suatu penyakit. Katakanlah pola hidup sehat menghasilkan kehidupan yang jauh dari penyakit. Begitu pula dengan tumor, beberapa faktor eksternal seperti merokok, minum-minuman keras, dan pennyalahgunaan obat-obatan dapat menyebabkan tumor.

Merokok dan Minuman Keras
Bagaimana bisa rokok dan minuman keras menjadi penyebab penyakit tumor?
Kita semua tentu tahu bahwa rokok mengandung ratusan bahkan ribuan zat kimia berbahaya seperti Aseton (Bahan penghapus cat), Metanol (Bahan bakar roket), Kadmium (Aki), Vinil Klorida (Bahan PVC, Hidrogen Sianida (Racun Paling Mematikan, Karbon Monoksida, Naptalena (Kapur barus), Amonia NH3 (Pembersih Lantai) dan lain-lain. Semuanya menjadi bahan aktif yang dapat menginisiasi pertumbuhan sel kanker. Minuman Keras juga diduga menjadi pemicu peningkatan penyakit tumor. Beberapa senyawa yang terkandung didalam minuman keras seperti asetaldehid dapat merusak struktur DNA dan memicu pertumbuhan kanker.

Makanan dan Minuman
Mengapa manusia yang hidup pada era sekarang ini cenderung mudah terkena penyakit tumor?
Salah satu penyebab utama selain pola hidup tentu saja adalah makanan dan minuman. Makanan dan minuman pada saat ini sebagian besar mengandung bahan pengawet, bahkan menggunakan zat kimia yan tidak dianjurkan. Setiap saat kita melihat di televisi bagaimana seringnya makanan mengandung boraks, pengawet mayat (formalin), pewarna tekstil, dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Bagaimana tidak, tentu sudah dapat dibayangkan bagaimana bahan-bahan berbahaya tersebut jika masuk kedalam tubuh kita.

Infeksi Virus dan Bakteri
Beberapa jenis virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh manusia dapat menginfeksi sel dan memicu pengaktifan onkogen, sehingga sel-sel manjadi membelah secara tidak terkendalai. Contoh beberapa penyakit tumor yang disebabkan oleh virus dan bakteri adalah Hepatitis B Virus dan tumor pada hati, Human Papilloma Virus (HPV), serta Bakteri Helicobater Pylori dan tumor pada Lambung.  

Paparan Radiasi
Mungkin ini adalah faktor yang sangat jarang diketahui oleh masyarakat kita. Namun, di era modernitas ini radiasi menjadi sangat besar dan sering kita jumpai sehari-harinya. Setiap harinya kita sering terpapar radiasi dalam jumlah kecil pada saat menonton televisi, menggunakan HP, Laptop/Komputer, atau berada dibawah lampu merkuri dan sutet. Meskipun radiasinya sangat kecil dan bukan menjadi faktor langsung, tetap saja dapat memicu inisiasi perkembangan kanker. Radiasi yang lebih besar terjadi terhadap orang-orang yang bekerja pada pembangkit listrik dan laboratorium.

Tentu Masih sangat banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit tumor. Dengan menghindari faktor-faktor negatif diatas dan menerapkan pola hidup sehat akan memperkecil peluang kita untuk terserang penyakit tumor. Salam Sehat!

2 komentar:

  1. banyak sekali faktor2 yang dapat menyebabkan penyakit tumor , jadi sebisa mungkin pola hidup sehat harus di tingkatkan lagi ..

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved