14 December 2014

Cara Membasmi Kecoa Yang Paling Baik

Cara Membasmi Kecoa: Kecoa adalah salah satu serangga yang dianggap menjijikkan dan menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Banyak sekali orang yang menganggap kecoa sangat perlu untuk di basmi atau dijauhkan dari rumah. Bahkan beberapa orang memiliki ketakutan berlebih (phobia) terhadap serangga ini.

Informasi mengenai 'cara membasmi kecoa paling baik' berikut ini mungkin akan membantu membasmi kecoa-kecoa yang ada didalam isi rumah anda. Namun sebelum anda melakukan pembasmian, sangat perlu anda ketahui dahulu beberapa hal penting berikut ini:

Kecoa Itu Bermanfaat 
Apa manfaat dari kecoa, Si Serangga menjijikkan ini? Meskipun kecoa diangap sebagai salah satu serangga paling mengganggu dan paling dibenci, ternyata mereka banyak memiliki menfaat. Menurut Profesor Srini Kambhampati dari Texas University, Kecoa adalah salah satu serangga terpenting bagi lingkungan. Kecoa memiliki peran penting didalam sikul Nitrogen, dimana kecoa memakan zat organik dari sisa-sisa makanan yang membusuk. Makanan yang dikeluarkan oleh kecoa menjadi kotoran mengandung Nitrogen yang kemudian masuk kedalam tanah lalu digunakan oleh tumbuhan. Selain itu kecoa dialam liar menjadi sangat penting bagi hewan-hewan lainnya. Menurunnya populasi kecoa sangat mempengaruhi kehidupan burung, tikus liar, reptil, serta hewan-hewan pemangsa lainnya. Perlu anda ketahui bahwa yang pasti semua makhluk hidup diciptakan dengan kemanfaatan.

Jangan Membasmi Kecoa Sembarangan
Apa akibat dari membasmi kecoa sembarangan? Dengan membasmi kecoa tanpa mempertimbangkan dampak lain akan menimbulkan banyak dampak negatif. Misalnya membasmi kecoa dengan menggunakan sejenis gas insektisida tanpa memperhatikan dampaknya akan membunuh serangga lainnya yang mungkin memiliki manfaat. Selanjutnya: Jangan Menginjak atau Membunuh Kecoa secara Frontal !! Tahukah anda bahwa didalam perut kecoa biasanya terdapat cacing mokroskpis? Cacing yang jika saat kecoa anda bunuh sembarangan dapat saja masuk kedalam tubuh melalui pori-pori kulit. Inilah pesan alami bahwa walaupun niat anda membasmi seekor kecoa, basmilah dengan bijak.

Penjelasan diatas adalah beberapa pesan kecil bahwa kita hendaknya menghargai setiap nyawa makhluk hidup. Mereka tentu memiliki manfaat yang telah digariskan oleh sang pencipta.
So, Membasmi juga harus memiliki tujuan yang jelas. Jika alasan anda hanya karena kecoa menjijikkan, anda dapat mengusirnya keluar dari rumah. Namun jika jumlah mereka tidak bisa ditangani dan mengkhawatirkan menjadi perantara penyakit anda dapat membasminya dengan beberapa cara yang paling baik berikut ini:

Membasmi Kecoa dengan Menghancurkan Sarangnya 
Langkah pembasmian kecoa yang pertama adalah dengan mencari dan menemukan tempat persembunyiannya. Tempat persembunyian kecoa biasanya sangat tersembunyi pada celah-celah sempit. Periksa tempat-tempat yang jarang anda bersihkan, bisa pada kotak-kotak barang, tumpukan perkakas, pakaian, dan lain-lain. Sarang kecoa biasanya ditandai dengan adanya kotoran kecoa yang berwarna hitam dengan bau menyengat. Nah, jika anda telah menemukan sarang kecoa maka segera bersihkan dan kondisikan sehingga si kecoa enggan untuk menempatinya kembali. Setelah sarang kecoa anda bersihkan ikuti langkah pembasmian selanjutnya.

Membasmi Kecoa dengan Membersihkan dan Merapikan Isi Rumah
Sebelum melakukan pembasmian kecoa dengan cara-cara frontal seperti insektisida, sebaiknya anda lihat kondisi dan isi rumah anda. Biasanya kecoa sangat menyenangi tempat kotor dengan banyak sisa-sisa makanan. Jika memang kondisi rumah anda kotor, inilah yang menjadi sumbernya. Bersihkan dan rapikan barang-barang yang menjadi kesukaan si kecoa, seperti piring makan dan gelas. Jangan menumpuk piring kotor ataupun wadah, segeralah cuci dan letakkan pada tempatnya.
Jangan biarkan ada makanan sisa yang bisa dijangkau kecoa, serta perhatikan penempatan kotak sampah. Lihat juga tutup toples gula, beras, atapun bahan makanan lainnya apakah sudah rapat dan tidak bisa dijangkau oleh kecoa. Buanglah sampah secara rutin dan berkala. Tanpa membeli obat pembasmi kecoa anda dapat mengusir kecoa dengan sangat mudah. Maknailah, kecoa adalah indikator alami, hadirnya kecoa menandakan bahwa rumah anda masih memiliki tempat kotor. So, bersihkan dan rapikan!

Membasmi Kecoa dengan Mengurangi Kelembaban
Jika anda telah membersihkan dan merapikan isi rumah anda namun masih tetap saja ada kecoa, mungkin ada beberapa tempat dirumah anda memiliki genangan air. Periksa keran dan saluran air anda, apakah ada tetesan air yang menyebabkan beberapa tempat menjadi lebih lembab.
Kecoa menyukai tempat-tempat yang sangat lembab, oleh karena itulah anda sering melihat kecoa banyak di toilet atau kamar mandi. Bersihkan dan keringkan tempat tersebut. Perhatikan pintu kamar mandi anda, apakah ada celah masuknya kecoa. Jangan lupa menutup pintu kamar mandi sehingga kecoa tidak bisa pergi ketempat sumber air. Jika anda meletakkan tanaman didalam rumah segera periksa pada bagian bawah pot'nya, biasanya kecoa sangat menyukai tempat tersebut. Dengan membasmi kesukaan dan kebutuhan hidup kecoa maka anda memutus ruang lingkup kecoa dirumah anda. Dengan demikian maka kecoa akan mencari tempat lain dan kemungkinan besar akan pergi dari rumah anda.

Membasmi Kecoa dengan Menutup Semua Celah Rumah
Langkah pembasmian kecoa ini adalah langkah preventif jika anda telah melakukan langkah-langkah pembasmian kecoa diatas. Tujuan dari langkah pembasmian ini adalah untuk mencegah kecoa-kecoa yang berada diluar rumah untuk masuk kedalam. Periksa celah yang memungkinkan kecoa untuk masuk seperti celah pada jendela, daun pintu, dinding, dan lain-lain. Segera tutup celah tersebut dengan dempul atau semen sehingga kecoa-kecoa yang berada diluar rumah tidak dapat mesuk kedalam rumah anda.

Setelah melakukan langkah-langkah diatas pembasmian kecoa saya anggap sudah selesai. Jika langkah-langkah diatas dilakukan dengan baik tanpa meninggalkan kesalahan sudah pasti tidak ada kecoa yang  ingin tinggal didalam rumah anda. Namun, jika ternyata masih ada saja kecoa menampakkan batang hidungnya, sudah pasti anda belum melakukan langkah-langkah diatas dengan benar. Jadi anda harus memperbaikinya.

Langkah-langkah diatas adalah langkah-langkah pembasmian kecoa yang paling baik karena selain membasmi kecoa dengan bijak, rumah juga menjadi bersih dan sehat. Selain itu kita juga membiasakan diri untuk memperhatikan pola hidup bersih dan memperhatikan keadaan rumah. Penulis tidak terlalu menganjurkan penggunaan cara-cara frontal seperti insektisida. Namun jika anda telah mencoba melakukan langkah-langkah diatas dan telah melakukan perbaikan namun masih tetap ada saja kecoa pasti membuat anda jengkel. Apa boleh buat, pasti dalam benak anda ingin menggunakan cara-cara instan. Berikut 2  cara pembasmian kecoa yang dapat anda praktikkan:

Membasmi Kecoa dengan Perangkap/Jebakan
Pembasmian kecoa dengan perangkap masih lebih baik dibandingkan dengan menyemprotkan obat pembasmi serangga (insektisida). Dipasaran dapat ditemukan obat perangkap kecoa, namun hanya toko-toko tertentu yang menjualnya. Jika anda sulit menemukan toko yang menjual obat perangkap serangga, anda dapat dengan mudah membuatnya sendiri.
Cara membuat perangkap kecoa:
  1. Alat dan Bahan: Botol Selai, Kopi Manis, Gula
  2. Penggunaan: Buatlah kopi manis dengan air biasa, tuang kopi tersebut kedalam botol selai, lalu tempatkan beberapa perangkap ini ditempat-tempat yang diduga ada kecoak'nya. Kecoa yang tertarik kepada kopi akan masuk namun tidak dapat keluar dari botol selau tersebut.
    *anda dapat bereksperimen dengan bahan-bahan lain seperti jus, teh manis, susu, dan lain-lain.
Membasmi Kecoa dengan Insektisida
Langkah pembasmian ini adalah langkah terakhir yang sering digunakan oleh orang-orang. Insektisida dapat dijumpai dengan mudah di semua toko mulai dari indoma**t, alfa**rt, hingga warung-warung disamping rumah. Insektisida berbentuk cair dengan disemprotkan adalah yang paling sering digunakan. Selain itu ada pula insektisida berupa gas, bubuk, dan kapur padat. Pemakaian insektisida ini harus hati-hati, walaupun didalam kemasan di iklankan tidak membahayakan bagi manusia, sifat alami insektisida adalah berdampak negatif bagi makhluk hidup. Jangan memakai insektisida dekat dengan makanan atau minuman, pakailah insektisida pada tempat-tempat tersembunyi yang menjadi sarang kecoa.

Demikianlah beberapa "Cara Membasmi Kecoa Yang Paling Baik", semoga tindakan kita membasmi adalah tindakan yang bijak. Bukan semata-mata tidak menyukai kecoa, namun untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rumah kita. Salam Hijau... !

Ref: Hullington Post and Wkihow

4 komentar:

  1. Lengkap banget cara basmi kecoaknya, ini pngalaman pribadi ya gan?

    ReplyDelete
  2. Referensi dari pengalaman orang dan pengalaman sendiri :D

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved