10 December 2014

Adakah Planet Yang Memiliki Kehidupan Selain Bumi?

Adakah Planet Yang Memiliki Kehidupan Selain Bumi?
Ini mungkin adalah pertanyaan yang sangat umum dan pasti pernah menghinggapi pikiran semua orang. Ya, semua orang pasti bertanya-tanya mungkinkah ada kehidupan di planet lain? Adalah kita memiliki tetangga yang hidup seperti layaknya tumbuhan, hewan, dan manusia yang ada di planet bumi?

Mari sama-sama menelisik potensi kehidupan di Planet lain....
Setiap hari kita menyaksikan keindahan dari benda-benda langit seperti matahari atau bintang-bintang. Lalu coba sahabat pikirkan adakah diantara mereka yang memiliki planet untuk di tinggali di era mendatang? Jika memang ada, apakah sudah sama baik struktur dan bentuknya mirip bumi kita? Apakah ada pelindung seperti atmosfer bumi kita? Ada juga kah sistem kehidupan yang terbentuk seperti bumi kita? Seperti apa itu dan bagaimana hal tersebut berjalan mengarungi waktu? dan seterusnya...

Coba sahabat lihat di kala malam tiba, saat cuaca mendukung atau jika kita berada di daerah yang gelap jauh dari lampu perkotaan. Bersama dengan langit cerah,, kita akan menyaksikan keindahan ribuan bintang bertebaran mulai dari yang terang hingga teredup. Bintang-bintang tersebut menghiasi malam dengan menabjubkannya. Namun, mungkin para sahabat berpikir di antara kelap-kelip ribuan atau bahkan milyaran bintang itu adakah yang bisa di identifikasi sebagai planet kehidupan? Jika berandai-andai, masak iya dari sekian milyar planet tidak ada yang memiliki kehidupan? Sebuah probabilitas yang hampir tidak mungin sekali. Namun benarkah demikian? 
Galaksi Bima Sakti (titik merah didalam lingkran kuning adalah tata surya kita). Sumber: Universetoday.
Kehidupan di Planet Tetangga
Mari berfikir mulai dari planet-planet tetatangga terdekat kita. Yang pertama mungkin planet Venus, sebuah bintang Timur atau bintang Barat atau di sebut juga Bintang Kejora. Venus biasa kita temukan di petang hari atau di kala fajar dengan terang cahayanya yang terang. Selanjutnya ada Jupiter, biasanya mudah kita kenali sebagai bintang yang paling terang, sepintas mirip dengan bintang terang sejati lainnya. Berbeda dengan Venus si bintang fajar, Jupiter ditemukan kala tengah malam menjelang suasana sunyi di langit gelap. Selanjutnya Mars, tentu saja planet tetangga bumi ini mudah kita kenali dengan ciri warna dan cahaya kemerah-merahannya menghias langit malam. Dan
jika pandangan mata para sahabat jeli, maka bisa menyaksikan Saturnus di malam hari berdampingan dengan Jupiter. Beranjak ke Planet selanjutnya yaitu planet Merkurius, planet yang memiliki jarak terdekat dengan matahari dengan ukuran kecil dapat kita lihat di petang hari menjelang matahari terbenam. Umumnya agak sulit melihat planet Merkurius tanpa alat bantu. Inilah beberapa planet tetangga kita, yang berada dalam satu tata surya kita. Jumlah ini tentu saja tidak sebanding dengan jumlah milyaran bintang di langit malam yang kita saksikan itu.

Nah, dari planet-planet tetangga kita ini ternyata tidak ada yang mendukung suatu kehidupan. Planet-planet seperti Merkurius dan Venus memiliki suhu yang sangat panas karena dekat dengan matahari. Saat siang hari panas di permukaan planet Merkurius dan Venus lebih dari 450 °C atau seperti panasnya asap yang keluar dari mulut gunung berapi. Sedangkan kondisi planet yang notabennya jauh dari matahari memiliki suhu yang sangat dingin sekali. Pluto yang paling jauh dengan matahari memiliki suhu permukaan mencapai -200 °C lebih.

Potensi Kehidupan di Planet Sepupu Bumi
Jika di ruang lingkup tata surya kita tidak ada planet yang berpotensi untuk menopang kehidupan, maka belum tentu ditempat lain di alam semesta ini. Tata surya kita hanyalah sekecil debu dalam sebuah lapangan sepak bola. Ada trilyunan planet di alam semesta ini dan mungkin salah satunya berpotensi mendukung kehidupan.
Beberapa Temuan Planet Yang Berpotensi Untuk Kehidupan. Sumber: phl.upr

Sejak ilmu pengetahuan berkembang pesat, penjelajahan antariksa guna menemukan planet selain bumi terus dilakukan. Beberapa planet yang ditemukan acap kali diduga mendukung kehidupan layaknya planet bumi kita. Belum lama ini ada sebuah planet yang ditemukan mirip dengan bumi. Planet yang diberi nama Kepler-186F, sesuai dengan nama teleskop yang menemukannya ini memiliki sifat layaknya bumi. Planet yang bisa dibilang sepupunya bumi ini berada di zona layak huni yang memungkinkan adanya air dan suhu konstan. Planet-planet yang berada di zona layak huni biasanya memiliki kondisi air tidak membeku atau mendidih. Sejak mulai digunakan 5 tahun yang lalu, teleskop Kepler telah menemukan lebih dari 190 planet dan salah satunya adalah Kepler-186F.

Semuanya adalah sebuah gambaran, bahwa diluar sana masih ada potensi besar yang belum terungkap. Jutaan, bahkan mungkin triliyunan planet di alam semesta masih menunggu untuk di teliti. Bukan tidak mungkin, salah satu diantara planet-planet itu seperti halnya bumi yang memiliki kehidupan. 

Penulis: Didit Widyanto
Editor: Eko
Referensi: Langit Selatan

1 komentar:

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved