10 December 2014

Jenis-jenis Bakteri Menguntungkan Bagi Manusia

Jenis-jenis Bakteri Menguntungkan: Bakteri adalah makhluk hidup uniseluler tak kasap mata yang hampir ditemukan disemua tempat di penjuru bumi kita. Hampir tidak ada tempat yang luput dari keberadaan bakteri, entah itu tanah, udara, hingga sumber air panas. Baik itu bakteri yang dapat menguntungkan maupun bakteri yang merugikan manusia.

Bakteri dikenal sebagai salah satu jenis makhluk hidup yang banyak merugikan bagi manusia. Berbagai jenis penyakit seperti Flu, Sinusitis, Diare, dan Kolera diakibatkan oleh berbagai jenis bakteri. Bahkan berbagai jenis penyakit berbahaya juga banyak disebabkan oleh jenis-jenis bakteri, sebagai contoh: Mycobakterium Tuberculosis yang menyebabkan sakit TBC, Clostridium Tetani yang menyebabkan Tetanus, Neisseria Meningitis yang menyebabkan meningitis dan Mycobakterium Leprae yang menyebabkan sakit Lepra.

Meskipun banyak sekali jenis bakteri yang merugikan bagi manusia, ternyata tidak semuanya merugikan. Ada jenis-jenis bakteri yang menguntungkan bagi manusia, bahkan sangat penting didalam kehidupan manusia. Apa saja bakteri-bakteri menguntungkan tersebut, berikut bakteri-bakteri yang 'menguntungkan bagi manusia':
Streptomyces griseus 
Salah satu jenis bakteri menguntungkan yang pertama ini adalah salah satu bakteri yang sangat bermanfaat bagi umat manusia. Tahukan sobat, bahwa antibiotik pertama dihasilkan dari bakteri Streptomyces griseus? Antibiotik ini dikenal dengan streptomycin, antibiotik untuk penyakit tubercolusis (TBC), karena itulah penemuan bakteri antibiotik ini sangat mempengaruhi perkembangan ilmu pengobatan diseluruh dunia.

Penicillium
Apakah sobat pernah mendengar 'penicilin'?
Penicilin adalah salah satu antibiotik terpenting yang digunakan umat manusia pada saat ini. Penicilin memiliki rumus molekul R-C9H11N2O4S yang bekerja menghambat peptidoglikan pada dinding bakteri. Apa akibatnya? akibatnya yang ditimbulkan dari penicilin adalah perkebangan bakteri akan terhambat lalu pecah dan mati. Antibiotik Penicillium dihasilkan dari bakteri Penicillium chrysogenum.
Rhizobium sp.

Rhizobium: Rhizobium merupakan salah satu bakteri terpenting didalam bidang pertanian. Bakteri Rhizobium berasosiasi dengan tumbuhan leguminosae atau fabacae yang merupakan jenis tumbuhan polong-polongan seperti kacang tanah, kedelai, dan buncis. Bakteri Rhizobium hidup didalam akar tumbuhan kacang-kacangan dan membentuk bintil-bintil akar. Bakteri Rhizobium yang berada di dalam akar mampu mengikat unsur N (Nitrogen) diudara dan membantu tumbuhan kacang-kacangan memnuhi kebutuhan Nitrogen. Karena bakteri Rhizobium petani dapat menghemat pemakaian pupuk Urea dan NPK.

Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus
Kedua jenis bakteri ini berperan didalam industri makanan dan kesehatan. bakteri ini adalah bakteri yang menghasilkan yogurt dan hidup dari memakan susu yang mengandung laktosa. Karena itulah kedua bekteri ini sangat menguntungkan bagi manusia. Secara kesehatan bakteri ini bermanfaat meningkatkan kemampuan usus besar dalam menyerap makanan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Escherichia coli
Bakteri Escherichia coli dikenal sebagai bakteri yang terdapat pada usus manusia. Bakteri ini sangat membantu manusia didalam menguraikan makanan. Makanan-makanan didalam usus yang tidak terserap akan diurai oleh bakteri ini. Selain sebagai pengurai, bakteri Escherichia coli juga dapat mengeluarkan antibiotik kolkisin yang dapat membunuh bekteri patogen lainnya.

Desulfovibrio desulfuricans: Desulfovibrio desulfuricans berfungsi sebagai Pengurai Bangkai dan Bioremidiasi. Bakteri ini menguntungkan karena membantu mempercepat pembusukan pada bangkai. Bagaimana seandainya bangkai-bangkai tidak cepat membusuk karena tidak ada bakteri
Desulfovibrio desulfuricans dan bakteri-bakteri lainnya. Selain itu baru-baru ini banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa Desulfovibrio desulfuricans berpotensi sebagai bioremidiasi yang menetralisir radiasi nuklir, yakni uranium.


Demikianlah penjelasan beberapa jenis bakteri menguntungkan bagi kehidupan manusia yang perlu sobat ketahui. Tentu saja masih sangat banyak sekali bakteri-bakteri menguntungkan di alam ini. Selain itu, karena jumlah bakteri sangat banyak sekali dan belum teridentifikasi, banyak bakteri menguntungkan yang belum terungkap. Salam Hijau !

Note: Jenis-jenis Bakteri Menguntungkan, Jenis-jenis Bakteri Menguntungkan Bagi Manusia, Jenis-jenis Bakteri yang Menguntungkan Bagi Kehidupan Manusia, Jenis-jenis Bakteri yang Bermanfaat.

1 komentar:

  1. ternyata bakteri juga ada bisa menguntungkan kita ya gan , thanks infonya ..

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved