21 November 2014

Foto-Foto Komet dari Pesawat Ruang Angkasa (Rosetta & Philae)

Foto-Foto Komet dan Pesawat Ruang Angkasa
Rosetta dan Philae merupakan dua pesawat ruang angkasa yang tergabung kedalam proyek eksplorasi Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko. Pesawat ruang angkasa ini adalah tim yang akan mengambil data penting mengenai asal-usul planet, tata surya, dan kehidupan dari obyek komet tersebut. Ada beberapa instrumen yang diambil oleh Rosetta dan Philae, seperti intensitas cahaya, temperatur, dan medan magnet. Baca Lengkapnya: Proyek Luar Angkasa Terbesar (Rosetta dan Philae).
Foto diatas adalah percobaan Rosetta dan Philae yang mendekati Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko. Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko sendiri menurut para ahli adalah bagian dari pecahan-pecahan yang terlempar pada saat pembentukan tata surya kita. Dengan mempelajari Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko diharapkan banyak ditemukan data-data penting mengenai awal mula penciptaan tata surya.




Foto diatas diambil oleh Rosetta sebelum meluncurkan Philae. Disana tampak Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko yang berada tepat didepan rosetta. Mereka mencoba mendekati  67P / Churyumov-Gerasimenko dengan jarak dan elevasi yang sudah ditentukan. Peluncuran Rosetta dan Philae ini dikendalikan oleh sistem kontrol ESA. 
 
Foto permukaan komet yang di ambil oleh Philae sesaat sebelum mendarat. Dari jarak sedekat ini kita dapat melihat permukaan komet dengan sangat jelas. Permukaan Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko tampak sangat terjal layaknya pegunungan Alpen.
Gambar diatas merupakan  Komet 67P / Churyumov-Gerasimenko yang memiliki dimensi lebih dari 
4 Kilometer. Foto ini menampakkan permukaan komet dengan lebih jelas. Dari foto diatas terlihat permukaan komet yang terdiri dari beberapa tipe topografi, mulai dari permukaan yang datar teraja, berkawah, hingga menjulang seperti bukit.

Pendaratan Philae diatas Komet 67P / Churyumov-Gerasimenk. Philae memiliki 3 buah kaki sebagai penopang tubuhnya. Didalam tubuh Philae ini terdapat beberapa perangkat penelitian yang dioperasikan melalui sistem kendali jarak jauh. Philae mendarat pada pertengahan November lalu dan merupakan pendaratan pesawat ruang angkasa dipermukaan komet pertama didalam sejarah. Ya, Philae telah menjejakkan kakinya didalam lembaran sejarah antariksa.

Referensi: DW Indonesia dan ESA 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved