19 November 2014

Apa Fungsi Bulu dan Rambut?


Fungsi Bulu dan Rambut
Bulu dan rambut merupakan struktur yang tertanam pada jaringan kulit. Mereka tertanam pada lapisan kulit tengah dan memiliki titik tumbuh pada bagian dasar.
Darimana asal muasal rambut? hingga saat ini belum diketahui, para ilmuan hanya menyakini bahwa rambut merupakan struktur evolusi sisik.


Bulu dan rambut terdapat pada beberapa hewan yang masuk kedalam kelompok mamalia (hewan menyusui) dan aves (keluarga burung). Semua jenis mamalia mulai dari monyet, sipanse, beruang, kanguru, babi, harimau, gajah, sapi, kucing, tikus, manusia, hingga lumba-lumba dan paus memiliki rambut pada bagian tubuhnya. Sedangkan semua jenis aves mulai dari ayam, bebek, entok, burung, hingga penguin memiliki struktur bulu.
Lantas, apa fungsi dari bulu dan rambut tersebut?

Semua organ yang ada pada makhluk hidup memiliki fungsi, tidak terkecuali bulu dan rambut. Keduanya terlihat memiliki kemiripan dalam hal fungsionalnya, namun tidak semua fungsi itu sama. Berikut gomumu gambarkan fungsi bulu dan rambut secara terpisah namun masih memiliki kesamaan fungsional:


Bulu
Bulu menjadi salah satu organ terpenting dari kelompok aves. Bayangkan saja, jika burung-burung secara mendadak kehilangan semua bulu-bulunya, pasti mereka tidak dapat bertahan hidup. Bulu berpengaruh besar terhadap kontrol suhu pada aves, dalam hal ini dikenal dengan istilah ‘termoregulasi’. karena aves adalah kelompok hewan berdarah panas (homoiterm), suhu tubuh aves haruslah terjaga konstan. Aves juga sangat rentan terhadap perubahan suhu mendadak dan ekstrem, oleh karena itu perlu sebuah mekanisme perubahan suhu yang tepat. Bulu menjadi isolator saat cuaca panas, dimana saat panas tubuh aves berlebih akan ditransfer keluar tubuh melalui bulu untuk mendinginkan tubuhnya. Begitupun sebaliknya, saat cuaca dingin bulu berfungsi sebagai mantel melindungi kehilangan panas tubuh. Dengan demikian, burung tidak akan mati kedinginan atau kepanasan selama suhu lingkungan itu dapat ditolerir. 
Berbagai Macam Bulu Burung. Sumber:freegreatdesign.

Selain sebagai kontrol suhu, bulu berperan didalam mobilitas, pelindung tubuh, serta untuk mendapatkan pasangan. Bulu adalah struktur yang sangat ringan dan paling tepat untuk terbang. Bulu menjadi pelindung terluar dari tubuh aves, sehingga melindungi dari berbagai benturan. Bulu juga berperan besar didalam perkawinan, dimana jantan yang memiliki bulu terindah berpotensi besar mendapatkan pasangan yang paling ideal. Pasti sobat pernah melihat di televisi, burung-burung nan indah seperti cenderawasih dengan atraktifnya menari memperlihatkan keindahan bulunya (display) untuk menarik pasangan. Itulah fungsi dari bulu.
 
Rambut 
Tidak jauh berbeda dari bulu yang dimiliki oleh kelompok aves, rambut memiliki fungsi didalam pengaturan suhu atau termoregulasi. Coba sobat perhatikan, saat cuaca dingin rambut pada kaki dan tangan cenderung untuk berdiri, mengapa demikian? Hal tersebut berfungsi mencegah kehilangan panas tubuh. Selain itu sejumlah panas akan ditransferkan melalui darah ke jaringan terluar, yaitu kulit. Saat cuaca panas, rambut dan keringat berfungsi mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Jadi jangan mencukur rambut kaki atau tangan karena mereka memiliki fungsi fisiologis yang sangat besar bagi kita.
Umur dan Gaya Rambut. Sumber: Ibnufajar86

Mana yang sobat suka antara rambut lurus, keriting, atau bergelombang? Dan gaya yang seperti apa yang sobat suka pada lawan jenis? 
Setiap orang pasti memiliki rasa suka yang berbeda-beda. Ada yang lebih sreg dengan rambut lurus dan panjang, ada yang lebih suka rambut pendek bergelombang, ada pula yang lebih suka dengan rambut kribo. Inilah fungsi dari rambut sebagai keindahan yang melekat pada tubuh kita. Seperti halnya bulu pada burung, rambut juga turut berperan didalam mendapatkan pasangan. 

Jika berbicara mengenai fungsi rambut secara spesifik, tentu akan jauh lebih banyak. Beberapa rambut pada bagian tertentu memiliki fungsi berbeda, misalkan alis mata berfungsi mencegah keringat masuk kedalam mata, bulu pada kelopak mata dan hidung berfungsi mencegah debu atau kotoran masuk. Lain halnya dengan rambut pada hewan-hewan lainnya, gajah memiliki rambut yang berfungsi sebagai indera pendengar, dimana gajah dapat mendengar sinyal melalui gelombang suara berjarak ribuan mil yang merambat diatas tanah kemudian diterima oleh permukaan kulit kaki dan rambut. Ada pula jenis mamalia yang mampu mensekresikan sejenis air susu melalui kelenjar pada rambut.

Bulu dan rambut memiliki banyak sekali manfaat. Dari hal ini saja kita dapat memetik suatu pelajaran berharga, apapun yang melekat pada makhluk hidup walaupun itu hanya sehelai rambut ia tetap memiliki manfaat. Itulah rahasia penciptaan... Salam Hijau!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved