3 May 2014

Semut Betina

Apakah pembaca Gomumu tahu semut betina?
Dalam sekumpulan semut, dapatkah pembaca menemukan semut betina?

Semut berasal dari keluarga Formicidae bersama dengan lebah dan tawon. Semut dikenal sebagai spesies paling cerdas dari kelompok serangga. Semut memiliki 250.000 sel otak dan memiliki rentang hidup rata-rata 45-60 hari. 

Semut  juga dikenal dapat berjalan dengan sangat cepat menggunakan tiga persendian kaki yang sangat kuat. Jika manusia memiliki kaki seperti semut maka mampu berlari secepat kuda pacuan! Wow!

Sebelum membahas mengenai semut betina, perlu diketahui bahwa semut hidup dalam sistem sosial. Suatu kelompok semut terbagi menjadi 3 jenis, yaitu: 
  1. Semut Ratu
  2. Semut Pekerja
  3. Semut Pejantan
Semut Pekerja Spesies Atta cephalotes Sumber: Wikipedia.org

Masing-masing menjalankan perannya dalam suatu sistem kesatuan. Mereka bekerja bahu-membahu untuk kepentingan koloni. Selain Ratu, fakta yang sangat menarik bahwa semua semut pekerja ternyata adalah semut betina. Jika kita menemukan semut api yang sangat sangat banyak di luar sarang dan mengumpulkan makanan itu adalah semut pekerja.  

Semut jantan hanya hidup dalam jangka waktu yang tidak lama. Semut jantan hanya bertugas mengawini ratu lalu setelah itu mati. Banyak persepsi awam yang salah tentang semut betina. Semut pekerja biasa dianggap sebagai semut jantan, namun sebenarnya adalah semut betina.

Sumber:
antweb.org

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved