2 May 2014

Fakta dan Informasi Tentang Gajah

Fakta dan Informasi Tentang Gajah
Gajah adalah mamalia darat terbesar yang sampai saat ini masih hidup. Gajah dapat kita jumpai di Benua Afrika dan Asia. Gajah Afrika dibagi menjadi dua subspesies (sabana dan hutan), sedangkan gajah Asia dibagi menjadi empat subspesies (Sri Lanka, India, Sumatera dan Kalimantan). 
Sebuah keluarga gajah Afrika di Taman Nasional Ambosely. Catatan: Posisi Protektif 
Sumber: Wikipedia



Data mengenai mamalia terutama gajah sudah sangat lengkap sekali. Disini Gomumu hanya menuliskan informasi dasar dari gajah untuk memperkaya informasi bagi yang membutuhkan atau sekedar ingin tahu.

Berikut Fakta dan Informasi dasar tentang gajah:

Makanan 
Gajah secara umum memakan rumput, daun, bambu, kulit batang dan akar. Gajah juga dikenal memakan tanaman seperti pisang, kakao, padi, dan tebu yang ditanam oleh petani. Gajah dewasa dapat menghabiskan 300-400 lbs makanan per hari. Dalam beberapa kasus kematian gajah saat di otopsi ternyata banyak terdapat plastik di organ pencernaan mereka.

Populasi
Sampai abad ke-20, populasi gajah Afrika mencapai beberapa juta, sedangkan gajah Asia sekitar 100.000. Saat ini, diperkirakan ada 450.000 - 700.000 gajah Afrika dan 35.000 - 40.000 gajah Asia liar dialam.
 
Distribusi
Gajah savana Afrika ditemukan pada padang rumput di 37 negara zona selatan Gurun Sahara. Gajah hutan Afrika mendiami hutan hujan Afrika barat dan tengah. Gajah Asia ditemukan di India, Sri Lanka, Cina dan sebagian besar Asia Tenggara.
 
Tingkah laku Gajah
Gajah membentuk ikatan keluarga dan hidup dalam kelompok keluarga. Kelompok gajah dipimpin oleh betina tertua dan biasanya betina terbesar dalam kelompok. Ikatan keluarga begitu erat, ketika anak gajah lahir akan dilindungi oleh seluruh anggota kelompok. Gajah jantan meninggalkan kelompok pada usia 12-15 tahun.
 

Gajah adalah hewan yang sangat cerdas dan dapat mengingat peristiwa sampai bertahun-tahun. Kemampuan ini berfungsi selama musim kemarau ketika mereka perlu untuk membimbing kawanan mereka, kadang-kadang selama puluhan kilometer. Penelitian  terbaru menunjukkan bahwa gajah dapat berkomunikasi pada jarak jauh dengan membuat suara gemuruh sub-sonic yang dapat merambat di atas tanah lebih cepat daripada melalui udara. Gajah lain menerima pesan melalui kulit sensitif pada kaki. Hal ini diyakini menjadi komunikasi pada kelompok sosial gajah dan komunikasi saat mencari pasangan. 


Musim kawin Gajah: Seperti halnya jenis-jenis hewan lainnya, sebagian besar gajah kawin selama musim hujan. Hal ini tentu menjadi pendukung karena selama musim hujanlah sumber daya pakan dan air cukup melimpah.
Kehamilan Gajah: Gajah memiliki periode kehamilan selama 22 bulan.

Referensi: defenders.org

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved