2 April 2014

Sejarah Besar Mikroskop Elektron

Adalah salah satu temuan besar dalam dunia sains. Mikroskop elektron adalah mikroskop yang memiliki kemampuan perbesaran obyek hingga 1-2 juta kali dari obyek aslinya, jadi mikroba seperti bakteri (Kita sering menyebutnya "Kuman") terlihat dengan sangat jelas.

Berkat mikroskop elektron inilah banyak penyakit bisa diidentifikasi penyebabnya. Dahulu orang hanya menerka-nerka penyakit tertentu tanpa menggetahui penyebab yang sebenarnya. Apakah kalian tahu sebelum ditemukannya mikroskop elektron penyakit kusta atau lepra dianggap penyakit kutukan? jika kita terkena kusta kita diasingkan dan sudah dipastikan kita akan mati mengenaskan. Jari, tangan, atau kaki kita membusuk dan tanggal dengan sendirinya. Sejarah mencatat kusta telah menyerang manusia sejak 300 SM. Bahkan WHO mencatat 2-3 juta orang menderita catat permanen karena penyakit kusta.

Berkat mikroskop elektron inilah pada tahun  1873 diketahui penyebabnya adalah bakteri Mycobacterium leprae oleh seorang ilmuan Norwegia, Gerhard Henrik Armauer Hansen.
Bisa kita bayangkan berapa nyawa yang diselamatkan oleh mikroskop elektron?



Kita harus berterimakasih pada Ernst Ruska, seorang ilmuwan sekaligus penemu mikroskop elektron ini. Ruska mendapatkan anugerah Nobel dalam dunia fisika pada tahun 1986 berkat temuan besar bagi umat manusia ini.


Ernst Ruska
Rancangan Ernst Ruska
Penyakit Kusta






0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved