11 April 2014

Jenis Kanguru di Indonesia

Kanguru Indonesia? 
Apakah Sobat tahu bahwa kanguru juga terdapat di Indonesia?
Wah, apakah memang benar ada kanguru di Indonesia?
Baca: Kanguru Papua (Thylogale brunii)

Kanguru selain di Australia ternyata dapat kita jumpai di Indonesia bagian timur, tepatnya di Maluku dan Papua. Meskipun sama-sama jenis kanguru dengan ciri khas kantung di perutnya (Marsupialia), kanguru Indonesia ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan kanguru yang terdapat di Australia. 
Salah satu jenis kanguru pohon (Dendrolagus inustus)
Sumber: ryanphotographic.co
Kangguru Indonesia terdiri atas dua kelompok besar, yaitu Kanguru Tanah (genus Thylogale) dan Kanguru Pohon (genus Dendrolagus). Thylogale merupakan kanguru terkecil didunia yang hanya terdapat di Australia dan Pulau Papua. Kanguru Tanah Indonesia memiliki bentuk fisik yang hampir sama dengan kanguru-kanguru Australia yang memang sebagian besar hidupnya dihabiskan diatas tanah (teresterial). 

Kanguru Pohon lebih menyerupai musang, meskipun tetap memiliki kantung dibagian diperutnya. Dahulu kala Kanguru Kohon sebenarnya hidup diatas tanah, namun karena ketersediaan pakan yang lebih banyak di pohon maka ia beradaptasi mencari makanan dan naik ke pohon. Hal ini dapat kita lihat bahwa kanguru pohon kesulitan berpindah dari satu batang pohon kebatang pohon yang lain karena tubuh yang kurang ideal untuk hidup diatas pohon. Keunikan dari Kanguru Pohon Indonesia adalah kemampuannya menggunakan ekor untuk bergelantungan pada cabang dan batang pohon.
Ibu dan anakan (Tylogale Brunii), di Taman nasional Wasur, Papua.
Sumber: mammals-of-papua.webs.com
Kanguru Pohon kurang lebih ada 12 spesies termasuk di Australia, sedangkan kanguru tanah terdapat sekitar 7 jenis di Australia, Papua (termasuk Papua Nugini) dan Maluku. Secara umum Kanguru Indonesia pada saat ini terancam mengalami kepunahan karena aktifitas perburuan dan rusaknya hutan sebagai habitat alaminya. Tingkat perburuan kanguru di Taman Nasional Wasur, Papua, masih sangat tinggi. Daging kanguru di Merauke dijual bebas dengan harga 45 hingga 60 ribu/kilogram.

Nah, sekarang apa yang sobat pikirkan dengan besarnya potensi negeri kita ini?
Percaya tidak percaya satwa eksotik yang sering dianggap endemik Australia pun ada di negara kita....
Jika saja potensi ini dikelola dengan baik, dengan manajeman yang rapi, mungkin akan mendatangkan kemaslahatan bagi penduduk Indonesia.


Referensi:
wikipedia.org
tempo.co

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved