26 March 2015

Mengenali Bahaya Penyakit Asam Urat


Mengenali bahaya asam urat tinggi. Penyakit bisa diibaratkan sebagai kehidupan, ia selalu berkembang dan berkembang. Namun, terkadang perkembangannya tidak disadari oleh sebagian orang. Seperti contohnya adalah penyakit asam urat, tidak hanya satu atau dua orang namun banyak orang yang meremehkan jenis penyakit ini, apalagi mereka yang masih awam terhadap pentingnya dunia kesehatan. Sebagian bahkan menganggap bahwa asam urat merupakan satu jenis penyakit ringan yang tak perlu dikhawatirkan karena akan menghilang dengan sedirinya. Tentu saja hal ini perlu diluruskan.

Untuk itu, ada pentingnya bagi anda untuk mengenali bahaya asam urat tinggi pada tubuh. Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit dengan rasa nyeri dan linu pada tulang persendian yang akan semakin terasa sakit saat dipagi hari. Namun, biasanya rasa nyeri yang berlebih tersebut akan luntur setelah melakukan banyak gerakan. Hal itulah yang terkadang membuat orang lalai dan mengabaikan asam urat.

Anehnya, penyakit asam urat tidak mengenal usia, jadi penayakit ini bisa menyerang siapa saja. Penyakit asam urat ini disebabkan banyak faktor salah satunya adalah pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang bisa menaikkan kadar asam urat adalah jeroan terutama jeroan ayam. Yaa, makanan seperti ampela, ati, usus  memang lezat untuk dikonsumsi namun makanan tersebut menggandung banyak purin yang tidak baik untuk tubuh, selain itu makanan dengan kadar purin tinggi adalah melinjo.

Memang, tubuh membutuhkan purin namun kadar purin yang terlalu banyak akibatnya akan mengkristal dan mengendap, sehingga menyebabkan persendian menjadi lemah dan terasa sakit saat digerakkan. Selain itu, jika kadar asam uratnya terlalu tinggi maka bagian kaki akan menjadi bengkak. Bahkan, untuk berjalan pun susah, kalau sudah begini tentu anda akan terhalangi untuk melakukan rutinitas, bukan?

Bahayanya, bukan hanya kaki menjadi bengkak namun kadar purin dalam tubuh yang berlebih juga akan menjadi penyebab rusaknya organ tubuh lain. Ibarat mesin, tubuh juga memiliki satu kaitan antara satu bagian dengan bagian lainnya,  jadi apabila satu bagian sakit dan tidak segera ditangani maka akan menyebabkan bagian tubuh lainnya menjadi kurang berfungsi dengan baik. Salah satu organ tubuh yang akan terkena imbasnya adalah ginjal, dengan adanya  purin dalam tubuh yang tinggi dan mengkristal, maka ginjal tidak akan berfungsi sesuai semestinya. Bahkan, jika tidak dilakukan pengobatan sama sekali bisa terjadi gagal ginjal.

Jadi sangat penting bagi anda untuk check up dan mengetahui jumlah kadar asam urat dalam tubuh anda. karena pada dasarnya, tubuh hanya membutuhkan 7 miligram / desiliter untuk kondisi yang aman. Jadi apabila kadar asam urat telah melebihi ukuran yang aman buat tubuh maka persendian akan mulai terasa nyeri dan linu, jika sudah begitu anda perlu mencurigainya.

Seperti yang dijelaskan di atas bahwasannya kadar asam urat dalam tubuh akan meninggi jika anda mengkonsumsi makanan dengan kadar purin yang tinggi seperti jeroan dan melinjo.

Jadi kesimpulannya adalah, anda perlu mengenali bahaya asam urat terhadap kesehatan. Ketahui penyebabnya terlebih dahulu dan sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam purin tinggi. Jalankan pola makan dan hidup sehat serta lakukan check up secara berkala untuk mengetahui kadar purin dalam tubuh anda. jika mungkin saja asam urat sudah terlanjur tinggi maka anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan rendah purin terutama sayuran.

1 komentar:

  1. ternyata penyakit asam urat juga berbahaya untuk kita , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved