1 June 2014

Jenis-jenis Katak Indonesia

Jenis-jenis katak Indonesia: jenis katak diIndonesia sangat banyak dan beragam. Jenis katak Indonesia yang beragam tersebut menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Bahkan dari jenis katak ini saja dapat menunjukkan idenditas kekayaan bangsa kita.

Indonesia memiliki kekayaan jenis katak yang sangat luar biasa. Jenis-jenis katak tersebut tersebar luas dari ujung barat Pulau Sumatera hingga ujung timur Pulau Papua. Banyak diantara jenis-jenis katak tersebut adalah katak endemik. Sampai saat ini pun juga masih banyak ditemukan jenis-jenis katak baru karena eksplorasi katak di Indonesia masih belum menyeluruh. Potensi ditemukannya jenis-jenis katak baru masih begitu besar.

Disini Gomumu menyamkan pemakaian kata "Katak" dengan kata "Kodok" untuk memudahkan dalam pemaknaan saja. Dalam dunia sains istilah katak dan kodok sebenarnya digunakan untuk menyebutkan 2 golongan amfibi yang berbeda. Katak biasanya digunakan untuk menyebutkan jenis-jenis amfibi yang memiliki ciri-ciri umum seperti kulit halus, kaki berselaput, tidak bercakar dan panjang, pandai melompat dan sebagainya. Sedangkan istilah Kodok digunakan untuk menyebutkan jenis-jenis amfibi yang memiliki ciri-ciri kulit kasar dan berbintiil, kaki tidak berselaput atau berselaput kecil, pendek, bercakar, tidak pandai melompat dan sebagainya.

13 tahun yang lalu di Pulau Sumatera tercatat sedikitnya ada 90 jenis katak. Di Pulau Jawa tercatat sedikitnya 40 Jenis Katak dan di Pulau Kalimantan sedikitnya 148 jenis. Di pulau Sumatera sendiri hingga saat ini banyak ditemukan jenis-jenis katak baru. Menurut Tjong, sampai tahun 2013 tercatat sedikitnya 97 jenis katak ada di Sumatera. Artinya dalam kurun waktu 13 tahun telah ditemukan sedikitnya 7 jenis baru.
 

Untuk Pulau-Pulau besar lainnya seperti Sulawesi dan Papua lebih banyak lagi ditemukan jenis-jenis baru. Namun publikasi yang masih sangat terbatas menyebabkan informasi ini belum banyak diketahui banyak kalangan.

Dalam kesempatan ini Gomumu bahas beberapa jenis katak indonesia yang Gomumu rasa penting informasinya untuk disampaikan. Berikut jenis-jenis Katak Indonesia yang penting untuk diketahui:
  1. Kodok Merah (Leptophryne cruentata)
    Merupakan jenis kodok endemik di Jawa Barat yang statusnya terancam punah (Critically Endangered). Kodok Merah adalah Jenis Kodok Indonesia yang paling terancam mengalami kepunahan. Perlu pembaca Gomumu ketahui bahwa hingga artikel ini ditulis kodok merah belum dilindungi.
    Dengan berbagai pertimbangan Dishut  belum mengeluarkan status dilindungi.


  2. Katak Batu (Limnonectes macrodon)
    Merupakan jenis katak sungai yang umum ditemukan di sungai-sungai di Jawa. Katak ini juga dapat ditemukan di Sumatera Selatan dan Lampung. Hingga hari ini status katak ini adalah rawan (Vulnerable). Hal ini dikarenakan banyak dari masyarakat kita yang mengkonsumsi katak ini.
    Perlu pembaca Gomumu ketahui bahwa Katak Batu adalah salah satu dari jenis katak terbesar di dunia.

  3. Katak Bertanduk (Genus: Megophrys)
    Merupakan jenis katak yang hidup di lantai hutan yang banyak terdapat serasah. di Indonesia dapat ditemukan 2 jenis katak katak bertanduk ini, yaitu
    Megophrys montana dan Megophrys nasuta. Pembaca Gomumu pasti pernah melihat katak ini yang berkamuflase atau menyamarkan dirinya di antara serasah pada program televisi National geograpic atau Discovery Channel. Saat katak bertanduk berkamuflase, maka sangat sulit bagi kita untuk menemukannya.

  4. Katak Mulut Sempit (Famili: Microhylidae)
    Adalah jenis-jenis katak yang sangat kecil ukurannya.
    Microhylidae merupakan famili dari jenis katak terkecil didunia. Beberapa jenis dari famili ini memiliki ukuran hanya beberapa milimeter saja. DiIndonesia  sendiri dapat ditemukan sedikitnya 30-an jenis katak bermulut sempit yang tersebar diseluruh penjuru negeri.

  5. Katak Pohon Asia Selatan (Famili: Racophoridae)
    Adalah jenis-jenis katak yang hidup di pohon. Jenis katak ini biasa ditemukan menempel pada daun, batang, atau ranting pohon. Beberapa masyarakat di Jawa menyebutnya dengan "Bencok". Katak ini memiliki kaki yang sangat panjang berguna untuk melompat dari pohon-kepohon dan ujung jari melebar dan lengket seperti pada jari cicak berguna untuk menempel. Di Indonesia dapat ditemukan lebih dari 40 jenis katak pohon asia selatan.

  6. Katak Pohon Raksasa Australia (Litoria infrafrenata)
    Adalah jenis katak pohon famili hylidae dengan tubuh yang besar dan gempal. Katak ini hanya dapat ditemukan di Indonesia bagian Timur Saja. Penyebaran katak ini adalah di Pulau Papua, Maluku, dan Australia.


    Demikian pemaparan Gomumu mengenai Jenis-jenis Katak Indonesia. Jenis-jenis katak di atas hanyalah sebagian kecil dari ratusan jenis katak yang ada di Indonesia. Jenis-jenis katak lainnya tentunya masih sangat banyak dan menunggu untuk disebarkan informasinya.

    Kita harus tahu apa yang kita punyai, kekayaan negeri adalah anugerah yang patut kita syukuri. Janganlah sampai orang-orang dari luar sana yang lebih cinta dan peduli. Salam Hijau @Gomumu.
Link: Jendelmu

1 komentar:

  1. Apa yang dapat kita lakukan untuk melindungi, menyelamatkan dan mengembangkan berbagai jenis katak Indonesia?
    Terima kasih.

    ReplyDelete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved