4 June 2014

Fakta Menarik Tentang Tumbuhan


Fakta Menarik Tentang Tumbuhan


Dunia dipenuhi dengan tumbuh-tumbuhan yang beragam jenis dan tersebar diseluruh penjuru tempat. Hal yang sangat menarik adalah menjelajahi dunia tumbuhan dengan segala hal menakjubkannya. Banyak sekali fakta menarik tentang tumbuhan dan dapat menjadi informasi yang sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak.  

Kita dapat mempelajari fakta menarik tentang pohon, bunga, proses fotosintesis daun, proses akar menjari air, serta fakta menarik lainnya yang tidak pernah kita sadari. Kita dapat belajar bagaimana dunia tumbuhan berperan sangat vital bagi kehidupan kita. Dunia tumbuhan menyajikan banyak sekali fakta menarik sehingga menjadi informasi yang edukatif bagi kita. Berikut Gomumu sajikan beberapa "fakta menarik tentang tumbuhan": 


  • Resin pohon yang telah membatu dikenal sebagai Amber, kadang-kadang amber ini mengandung bahan tanaman atau hewan kecil yang terjebak didalamnya. Bahkan bebarapa fosil seragga purba sering ditemukan dalam batu amber ini.
  • Beberapa tumbuhan adalah karnivora atau pemakan daging. Tumbuhan ini mendapatkan nutrisi dengan memakan berbagai serangga kecil dan laba-laba. Contoh tanaman karnivora yang terkenal adalah Venus penangkap lalat.   

    Bambu bisa menjadi tanaman yang cepat tumbuh, beberapa jenis dapat tumbuh hampir satu meter (3,28 kaki) hanya dalam satu hari! Bambu raksasa Burma, itu bisa tumbuh 17 sentimeter dalam sehari  

    Bawang mungkin enak, tetapi memotong bawang bisa sangat menyakitkan mata. Suatu gas dilepaskan yaitu propanetiol S-oksida yang mudah menguap. Senyawa yang menguap ini kemudian berinteraksi dengan mata kita dan membentuk asam sulfur. Asam sulfur bersifat mengiritasi mata, sehingga mata kita akan terasa perih dan menjadi kemerahan.  

    Ada lebih dari 200.000 jenis tanaman telah diidentifikasi dan daftar ini berkembang sepanjang waktu dan ada sekitar 2000 jenis tumbuhan yang digunakan oleh manusia untuk membuat makanan.  

    Dendrochronology adalah ilmu menghitung usia pohon. Sebuah metode yang digunakan untuk mengetahui usia pohon adalah dengan menghitung cincin di batang pohon (lingkaran tahun). Cincin pohon tidak hanya memberitahu kita usia pohon tetapi mereka juga dapat memberitahu kita tentang peristiwa lingkungan, termasuk letusan gunung berapi.  

    Apakah Anda tahu bahwa strowberi rata-rata memiliki sekitar 200 biji dan Delima rata-rata memiliki lebih dari 1000 biji?

  • Kubis memiliki kandungan 91% air sedangkan Apple memiliki kandungan 25% udara, itu sebabnya apel mengapung di atas air. 
  • Apple, Bawang & Kentang memiliki rasa yang sama, tidak percaya? Anda dapat mengujinya: Jepit hidung & cicipi ketiganya, anda dapat menemukan perbedaan?
  • Pohon-pohon tertua di dunia: California Bristlecone pinus dan Giant Sequoias dianggap sebagai pohon tertua dan memiliki umur antara 4000-5000 tahun. Namun pohon hidup tertua di dunia yang pernah ada diperkirakan berada di Swedia. Sistem akarnya telah berkembang selama 9.550 tahun.
  • Pohon mendapatkan sekitar 90% dari nutrisi mereka dari atmosfer (karbon dioksida, dll), dan hanya sekitar 10% dari tanah. Pohon menurunkan suhu udara dengan cara menguapkan air dalam daun mereka. Sebuah pohon ukuran rata-rata dapat menghasilkan oksigen yang cukup dalam satu tahun untuk memnuhi paru-paru 4 orang.
  • Pohon ukuran rata-rata dapat digunakan membuat 170.000 pensil.
  • Kertas nasi dibuat dari pohon kecil yang tumbuh di Taiwan.  
  • Mentimun disebut sebagai buah, bukan sayuran.... Mengapa? Karena memiliki benih di tengah.
  • Pohon terkecil di dunia adalah Willow Dwarf, ukurannya sekitar dua inches. Tanaman ini ditemukan di Greenland.
  • Pohon tertinggi di dunia adalah Sequoia (California Redwood) di California memiliki tinggi 360 meter. 
  • Bunga terbesar adalah Rafflesia atau "bunga bangkai". Mereka umumnya memiliki tinggi 3 meter dengan diameter dengan catatan menjadi 42 inci.
  • Tanaman air terbesar dunia adalah Amazon lily, daunnya yang mengambang tumbuh hingga 6 meter.
  • Eceng gondok adalah tanaman air yang paling cepat berkembang di dunia.
  • Rumput gajah di Afrika dinamai gajah karena disana rumput gajah dapat setinggi 4,5 meter dan bahkan gajah bisa bersembunyi di rumput ini.
  • Jenis yang pertama dari aspirin, atau pembunuh rasa sakit dan demam peredam berasal dari kulit pohon pohon willow.
  • Makan banyak bawang akan membuat Anda mengantuk, karena bertindak sebagai obat penenang.
  • Pernahkah Anda mendengar sebuah jamur yang disebut Death Cap? jamur berbahaya  & dapat membunuh manusia dalam 6 jam setelah memakannya.
  • Kebun raya bersertifikat pertama didirikan oleh Paus Nicholas III di Vatikan pada tahun 1278 M.
    Sumber: makemegenius.com,  Jendelmu and sciencekids.co.nz

1 komentar:

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved