26 May 2014

Proses Terumbu Karang Makan

Terumbu Karang sebenarnya adalah makhluk hidup berupa hewan kecil yang disebut sebagai “Polip”. Hewan Polip ini ukurannya sangatlah kecil, kira-kira sebesar kepala korek api. Bentuk polip ini mirip dengan ubur-ubur terbalik, dengan tentakel menghadap keatas.

Kapan dan Bagaimana Karang Makan? 
Karena karang atau polip adalah makhluk hidup, dia juga memiliki ciri-ciri seperti makhluk hidup lainnya. Makanan dari polip adalah plankton, yaitu hewan dan tumbuhan yang ukurannya sangat kecil. Contoh dari plankton ini adalah larva kepiting, larva udang, tumbuhan kecil dan lain-lain.  
Koloni Polip Terumbu Karang

Disekeliling mulut polip karang terdapat serangkaian tentakel. Umumnya pada siang hari tentakel polip akan menutup, sedangkan pada malam hari akan terbuka. Pada tentakel polip terdapat sel penyengat (nemetocyst) yang berfungsi melumpuhkan para plankton. Plankton yang telah dilumpuhkan masuk kedalam mulut polip dengan bantuan pergerakan tentakel tadi. Dari sini polip mendapatkan 1/5 total kebutuhan energinya. Sisanya didapatkan dari cahaya matahari. Didalam jaringan kulit polip hiduplah alga yang di sebut dengan “zooxanthellae”. Alga ini berfotosintesi dengan bantuan cahaya matahari tadi dan energi yang dihasilkan dibagikan secara gratis kepada polip. Analoginya polip mempunyai ladang dibawah kulitnya yang menyediakan sumber energi secara gratis.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved