27 October 2014

Mencuci Tangan adalah Kebiasaan Sehat

Mencuci Tangan adalah Kebiasaan Sehat
Kebiasaan mencuci tangan setelah beraktivitas tanpa disadarai dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan kita......


Banyak orang yang kurang peduli terhadap mencuci tangan. Aktivitas yang relatif singkat ini biasanya disepelakan begitu saja. Padahal, melalui tanganlah banyak sumber penyakit masuk kedalam tubuh kita.

Meskipun mencuci tangan bisa dibilang salah satu unsur penting didalam menjaga kesehatan tubuh, namun mencuci tangan biasanya hanya dilakukan ketika tangan bernar-benar kotor. Kita hanya akan mencuci tangan apabila tangan terkena lumpur, tanah, cat, minyak dan zat-zat lain.

Sebagai bagian terpenting dari struktur tubuh manusia, tangan menjadi alat pergerakan utama. Tidak mungkin dalam sehari kita beraktifitas tanpa menggunakan tangan. Pada saat makan kitapun menggunakan tangan, tidak ada pula yang dapat menjamin kebersihan tangan kita pada saat makan. Selain itu, pada saat kita beraktivitas seperti memperbaiki kendaraan, meminjam pena atau buku, menerima uang kembalian, dan aktivitas lainnya tanpa kita sadarai bibit penyakit dapat berpindah dan hinggap ditangan kita.

Apakah sobat tahu bagiamana penyakit bisa menular dari orang keorang?
Sebuah penyakit dapat menular melalui berbagai macam cara. Penyakit flu dapat menular secara langsung melalui interaksi udara. Penyakit cacar dapat menular karena benda-benda yang dipakai penderita kita pakai. Namun, sebagian besar penyakit menular ditularkan melalui interaksi tidak langsung. Oleh karena itulah tangan menjadi sangat penting dalam menentukan kesehatan seseorang.

Cara mencuci tangan yang baik
Mencuci tangan yang paling baik adalah setelah beraktifitas, karena biasanya saat memegang makanan kita lupa dan belum mencuci tangan. Mencuci tangan sebaiknya menggunakan sabun, karena sabun akan membunuh kuman (bakteri dan virus) yang ada pada tangan kita. Selain sabun, saat ini banyak orang menggunakan obat pencuci tangan antiseptik. Namun perlu diketahui, obat pencuci tangan antiseptik ini hanya akan membunuh kuman penyakit, bukan menghilangkan zat berbahaya lainnya. Perlu pembaca ketahui juga, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan antiseptik karena antiseptik biasanya mengandung zat yang kurang baik bagi kesehatan seperti triclosan. Tidak dianjurkan memakai antiseptik secara terus menerus, pakailah antiseptik saat benar-benar tidak ada sabun.

Mencuci tangan jangan terburu-buru, gunakan sabun dengan merata pada jari, sela-sela jari, punggung tangan, telapak tangan, hingga pergelangan tangan. Jika sobat memiliki kuku yang panjang dapat dibersihkan sambil mencuci tangan. Sebagai gambaran dapat sobat lihat tahap-tahap mencuci tangan yang baik dibawah ini:

Tahap-tahap Mencuci Tangan. Sumber: piphealthyproducts.

Basuh telapak tangan dengan sabun, lalu gosok punggung tangan dengan menggunakan telapak tangan dan begitupun sebaliknya, gosok kembali jari pada telapak dengan posisi tangan berhadapan, gosok jempol tangan dengan arah memutar, jangan lupa gosok juga kedua pergelangan tangan, lalu akhiri dengan membasuh tangan dengan air.

Mencuci tangan memang bukan cara utama agar kita tidak terjangkit suatu penyakit. Masih banyak faktor lain yang ikut menentukan kesehatan kita seperti olahraga teratur, makanan, dan pola istirahat. Mencuci tangan hanyalah sebuah upaya pencegahan. Meskipun sering dianggap sepele namun ternyata sangat besar manfaatnya bagi kesehatan kita ... Salam Hijau @Gomumu.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved