27 May 2014

Ikan Pari Manta Terbesar dan Tidak Beracun

Ikan Pari Manta adalah salah satu jenis ikan pari terbesar di dunia. Dengan menyandang gelar sebagai ikan pari terbesar, ikan pari manta adalah penghuni lautan yang terlihat menakutkan bagi sebagian orang yang tidak tahu.

Ikan pari terbesar ini ternyata lebih ramah dari jenis ikan pari lainnya karena ikan pari manta tidak memiliki sengat serta tidak agresif. Apakah pembaca Gomumu pernah melihat ikan pari terbesar ini?


Pari Manta memiliki lebar tubuh hingga 7 meter. Lebar tubuhnya diukur dari ujung sirip dada (Seperti Sayap) ke ujung sirip lainnya. Ada beberapa laporan yang menyebutkan bahwa lebar sayap pari manta hingga 9 meter. Dengan ukurannya yang besar pari manta selain ikan pari terbesar juga sebagai ikan pari terberat. Pari Manta beratnya sampai beberapa ton. 

Perbandingan Ikan Pari Manta dan Seorang Penyelam
Ikan Pari Manta dapat ditemukan di lautan tropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diindonesia ikan pari manta dapat ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur, terutama banyak ditemukan diperairan papua yang memang habitatnya masih cukup baik bila dibandingkan diwilayah lainnya. Perairan negara kita yang menjadi habitat pari manta harus membuat kita berbangga hati. Kekayaan negeri kita memang tidak terhingga.Ada 3 spesies dari genus Manta, yaitu:
  1. Manta birostris  
  2. Manta hamiltoni   
  3. Manta raya

Pari Manta bergerak memakai sirip dadanya dengan cara mengombakkannya dari bagian dekat kepala hingga ke belakang tubuh sehingga saat dilihat, pari manta seolah-olah sedang terbang di dalam laut.

Ciri khas manta adalah memiliki sepasang sirip kepala yang menyerupai "tanduk" di dekat mulutnya. Tanduk ini digunakan untuk membantu memasukkan air laut yang mengandung plankton. Plankton-plankton yang jumlahnya jutaan itu adalah makanan favorit ikan Pari Manta.

Pari manta merupakan salah satu primadona bagi para penikmat surga bawah air (Penyelam), karena ikan eksotik ini merupakan jenis ikan pari tak beracun (tidak memiliki sengat) seperti kebanyakan jenis pari lainnya. Ekor manta sendiri lebih pendek dibandingkan dengan ekor ikan pari kebanyakan dan tidak bersengat. 

Karena pari manta ini tidak memiliki sengat dan tidak beracun persepsi kita terhadap ikan pari manta harus positif. Apakah pembaca Gomumu tahu Stave Irwin sang Pemburu Buaya?
Ia adalah pembawa acara TV alam liar terkenal yang ditayangkan diseluruh dunia termasuk Indonesia. Kematiannya pada 26 Desember 2006 akibat sengatan ikan pari membuat banyak orang berkabung. Dalam kasus Stave Erwin ini jenis ikan pari yang menewaskannya bukanlah jenis ikan pari manta, melainkan jenis ikan pari bersengat. Jenis ikan pari ini mampu menusukkan sengat dibagian ujung ekornya saat merasa terancam.

Meskipun Ikan Pari Manta tidak memiliki racun atau sengat, secara naluriah saat terancam merekapun akan cendrung protektif.  Semua makhluk hidup termasuk ikan pari manta memiliki pertahanan. Bahkan makhluk hidup terlemah sekalipun memiliki pertahanan diri sehingga mereka dapat survive di alam. Yang perlu Gomumu informasikan disini bahwa jenis ikan pari manta tidak memiliki sistem pertahanan diri berupa racun atau sengat.


Sebagai negara yang memiliki kekayaan sumberdaya hayati termasuk Ikan Pari Manta, Indonesia sepatutnya bisa lebih bangga. Spot Pari Manta dapat menjadi wisata potensial untuk dikembangkan. Mengingat negara kita adalah negara maritim, pengembangan wisata bahari yang berwawasan lingkungan harus semakin ditingkatkan.

2 komentar:

  1. Kalau memang sebesar itu, sepertinya ikan pari manta dapat menelan manusia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinannya tidak fitria, karena untuk menelan manusia secara tidak sengaja kecil kemungkinannya. Ikan Pari Manta dikenal juga bersahabat dengan manusia.Hal ini dapat kita lihat belum pernah ada kasus ikan pari manta yang menelan manusia.

      Delete

Silahkah Berkomentar Sesuai Dengan Konten, Bisa Berupa Tanggapan, Kritik, Ataupun Saran. Terimakasih.

Copyright © 2012 GOMUMU All Right Reserved